Nasional

Hafis Berharap Sepak Bola Nasional Jadi “Industri”

JAKARTA-Anggota DPR dari Fraksi PAN Achmad Hafisz Tohir berharap liga sepak bola nasional bisa menjadi sebuah industri yang bertaraf internasional. Bukan sekedar tontonan seni dan keindahan si kulit bundar. “Kalo bisa jadi industri, tentu sangat membanggakan. Kemajuan sepak bola Indonesia akan dipandang dunia,” katanya saat menyaksikan pertandingan antara MU dan Liverpool di sebuah Cafe, Jakarta, Minggu (17/12/2018).

Di luar negeri, kata Wakil Ketua Komisi X DPR, khususnya Inggris, perkembangan sepak bola bisa maju pesat karena memang ada sekolah khusus sepak bola. Dari sekolah ini mampu mencetak para bintang sepakbola dunia. “Ini jadi tantangan untuk pengelola sepak bola nasional. Bagaimanapun juga perlu dipikirkan ke depan,” tambah Hafisz yang saat mengenakan kostum merah Liverpool bernomor punggung 66.

Yang jelas, lanjut penggemar berat Liverpool, tantangan lainnya yang tak kalah berat adalah soal pisik pemain dan skill pemain. Rata-rata pisik pemain nasional tak setinggi pemain asing. “Lihat itu, kadang mereka main dalam suasana suhu yang minus. Sangat dingin, cenderung beku,” jelas mantan Ketua Komisi VI DPR.

Lebih jauh kata Hafisz, rata-rata pemain asing itu cukup kuat mengomsumsi daging dan susu. Sehingga wajar kekuatan dan daya tahan tubuhnya kuat. “Bisa dibayangkan bagaimana kekuatan pisiknya,” ucapnya.
Seperti diketahui , Liverpool sukses membungkam Burnley dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris di Turf Moor, Rabu malam.

Namun kemenangan ini tak membuat pelatih mereka, Jurgen Klopp, senang. Sebaliknya, Klopp justru murka.

Klopp ternyata mengeluhkan kepemimpinan wasit Stuart Attwell yang menurutnya cederung membiarkan permainan keras para pemain Burnley.

Akibatnya pemain Liverpool, Gomez, mengalami cedera usai ditekel Ben Mee. Tekelan ini lumayan keras karena sampai membuat Gomez tertuling menabrak papan iklan di pinggir lapangan.

“Seseorang harus mengatakan untuk berhenti melakukan tekel-tekel keras seperti itu,” kata Klopp seperti dikutip dari Liverpool Echo.

Bermain di kandang lawan, Liverpool sempat tertinggal lebih dulu. Gol Burnley ini dicetak oleh Jack Cork pada menit ke-54.

Namun Liverpool kemudian membalasnya dengan tiga gol beruntun yang dicetak oleh James Milner (62′), Roberto Firmino (69′) dan Xherdan Shaqiri (90′).

Kemenangan ini membuat Liverpool terus menempel Manchester City di puncak klasemen. The Reds -julukan Liverpool- kini mengoleksi 39 poin, hanya tertinggal 2 poin dari Manchester City. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top