Pertanian

Hadapi El Nino, Serapan Pangan Lokal Perlu Digenjot Guna Jaga Pasokan

Hadapi El Nino, Serapan Pangan Lokal Perlu Digenjot Guna Jaga Pasokan

PROBOLINGGO, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mendesak penyerapan pangan lokal harus dimaksimalkan, guna meningkatkan ketersediaan pangan dalam menghadapi fenomena El Nino.

Selain itu, menurutnya, peningkatan penyerapan beras lokal ini diperlukan dengan tujuan untuk menganalisis dampak El Nino terhadap ketersediaan pangan di berbagai wilayah yang terdampak dan menyusun strategi untuk mengatasi masalah tersebut.

“Penyerapan beras lokal saat ini masih 30 persen dari hasil panen raya kemarin, dan masih ada lagi 70 persen lagi yang harus diserap. Maka dari itu harus adanya penangan khusus atau strategi khusus untuk bisa memastikan pasokan pangan itu aman. Jadi (penyerapan) ini harus dimaksimalkan kembali,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (13/5/2023).

Politikus Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menekankan persoalan ketersediaan stok pangan ini akan dibahas lebih lanjut di agenda rapat Komisi IV. Khususnya, terkait  bagaimana cara mengantisipasi untuk ketersediaan pangan,  terlebih sebentar lagi akan ada momentum Iduladha sehingga kebutuhan akan bahan pokok akan meningkat sebagaimana terjadi di momen Idul Fitri lalu.

Lebih jauh Anggia menambahkan perlu juga disusun program bantuan pangan untuk daerah yang terdampak El-Nino. Hal itu dapat mencakup distribusi pangan tambahan, subsidi untuk harga pangan, atau bantuan langsung kepada petani yang terdampak. Serta, mendorong petani untuk melakukan diversifikasi pertanian dengan menanam varietas tanaman yang lebih tahan terhadap kondisi kekeringan atau mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan yang lebih adaptif terhadap perubahan iklim.

“Kami meminta  fokus pada ketersediaan pangan dalam menghadapi El Nino merupakan langkah proaktif untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak buruk yang mungkin terjadi terhadap pasokan pangan. Upaya kolaboratif antara pemerintah, petani, dan lembaga terkait akan menjadi kunci dalam menjaga ketahanan pangan selama masa El Nino dan perubahan iklim secara keseluruhan,” pungkasnya.***

Penulis     :   Iwan Damiri

Editor       :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top