Market

Hadapi Dampak Covid-19, AS Siap Kucurkan Stimulus US$2 Triliun

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Pemerintah dan senat Amerika Serikat sepakat untuk menggelontorkan paket stimulus sebesar 2 triliun dollar AS atau setara dengan Rp33.000 triliun (asumsi kurs Rp16.500 per dollar AS). Paket stimulus tersebut disiapkan untuk menggenjot perekonomian AS di tengah tekanan pandemi virus Corona.

Direktur Urusan Legislatif Gedung Putih Eric Ueland mengatakan, paket stimulus siap digelontorkan usai pemerintah memiliki kesepakatan dengan senat. “Kita telah memiliki kesepakatan,” ujarnya dikutip dari CNN, Rabu (25/3/2020).

Senat Mitch McConnell mengumumkan, kesepakatan antar kedua pihak berhasil didapat setelah melalui diskusi yang cukup panjang. “Setelah melalui diskusi intens yang panjang, senat telah mencapai kesepakatan untuk paket relaksasi bersejarah ini guna mengatasi pandemi,” katanya.

Adapun detail dari paket stimulus ini masih belum diumumkan. Kendati demikian, berdasarkan hasil diskusi antara kedua pihak, paket stimulus akan difokuskan ke beberapa sektor.

Sebesar 250 miliar dollar AS untuk bantuan langsung ke keluarga dan individu, 350 miliar dollar AS untuk pinjaman usaha kecil, 250 miliar dollar AS untuk asuransi dan bantuan pengangguran, dan 500 miliar dollar AS untuk bantuan kepada perusahaan yang terdampak.

Di dalam paket stimulus ini nantinya juga terdapat aturan yang melarang dana bantuan diberikan kepada Presiden Donald Trump beserta keluarganya, pemerintah, dan anggota kongres. Apabila berhasil melalui kongres, paket stimulus ini akan menjadi bantuan paling besar yang diluncurkan oleh legislatif AS. ***

Sumber: Kompas.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top