Headline

Gus Ipul Minta TKI Berangkat Lewat Prosedur Resmi

SURABAYA–Pemprov Jatim mengimbau kepada warga Jawa Timur yang ingin bekerja di luar negeri agar berangkat melalui jalur resmi sehingga bisa terjamin keamanan maupun kenyamanannya. Hal ini demi keselamatan jiwa Tenaga Kerja Indonesia (TKI). “Kami tak henti-hentinya mengimbau agar para calon TKI ini berangkat sesuai prosedur, ” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Jumat (27/1/2017).

Mantan menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu menekankan TKI merupakan pahlawan devisa negara dan bangsa sehingga idealnya mereka berangkat dengan kelengkapan dokumen bekerja di luar negeri. “Apalagi sebelum berangkat ada pelatihan sebagai bekal keterampilan serta keahlian selama bekerja di luar negeri,” tambahnya.

Terkait tenggelamnya kapal yang mengangkut TKI ke Malaysia, Gus Ipul-sapaan akrabnya, Pemprov siap memfasilitasi kepulangan jenazah tenaga kerja Indonesia korban kapal tenggelam di wilayah Perairan Tanjung Rhu, Mersing, Johor Bahru, Malaysia, kembali ke daerah asalnya. “Kami akan koordinasi dengan sejumlah pihak dan pasti memfasilitasinya,” terangnya.

Menurut dia, pemerintah punya kewajiban melindungi siapa saja yang tertimpa musibah sehingga wajib membantu warganya yang mendapat kesulitan, terlepas dari urusan para korban diduga TKI tak berdokumen.

Dari 16 korban meninggal dunia, dua jenazah di antaranya teridentifikasi asal Sampang, Madura, yaitu Rosid beralamat Kecamatan Banyuatas dan Sayyideh asal Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Keduanya turut menjadi korban karamnya kapal kayu yang diduga berangkat dari Batam pada 23 Januari 2017.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu juga menyampaikan penyesalan dan belasungkawa atas musibah tersebut dan meminta dijadikan pelajaran.
“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jatim turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya. Semoga amal dan perbuatan almarhum senantiasa diterima dan diampuni segala dosanya, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top