Headline

Gus Ipul Minta BNI Permudah Akses UKM

Malang-Peran industri perbankan harus semakin konkret dan maju dalam menyejahterakan masyarakat, khususnya UKM yang jumlah sangat banyak di Jawa Timur. Bahkan kalau perlu memberikan suku bunga yang terjangkau. “Kehadiran BNI pastinya membantu pelaku usaha dengan suku bunga variatif. Akan lebih baik lagi jika ditambah dengan kemudahan akses. Ini harapan kami sebagai pemerintah kepada BNI,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di Malang kemarin.

Oleh sebab itu, kata Gus Ipul sapaan akrabnya, Pemprov Jawa Timur minta perbankan membantu kalangan UKM ini dengan berbagai langkah nyata. “Perbankan harus lebih mempermudah layanan, bagaimana bisa fleksibel kepada masyarakat di desa-desa,” ujarnya.

Menurut Gus Ipul, skema ini diharapkan mampu dilakukan BNI yang telah memiliki pengalaman membina UKM. Kemudahan akses akan sangat membantu bagi masyarakat, begitu juga usaha kecil menengah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Gus Ipul menyebut, Malang merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi kedua di Jawa Timur, setelah Kota Surabaya.

Dibukanya kantor wilayah dengan mencover hampir 25 kota/kabupaten akan mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Seperti Pacitan, Bojonegoro, Banyuwangi, Jember, serta daerah di sekitarnya.
“Hadirnya perbankan akan mempermudah dalam sistem pembiayaan. Masyarakat tidak lagi kebingungan mendapatkan dukungan modal. Apalagi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur jauh diatas nasional,” bebernya.

Gus Ipul berpesan di era digital saat ini, perbankan turut wajib mengikuti. Bagaimana merubah sistem pelayanan digital dengan harapan semakin mempermudah jangkauan kepada masyarakat.
“Sekarang era digital. Teknologi mempermudah segalanya. Perbankan harus menyesuaikan dengan mengkolaborasikan sistem tersebut untuk jangkauan lebih luas,” harapnya.

Sementara Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menuturkan, digital banking juga salah satu upaya dikembangkan BNI dalam memperluas jaringan. Selain menambah outlet-outlet baru di tengah masyarakat.
“Digital banking kita padukan bersama penambahan outlet baru. Ini upaya BNI dalam memperluas jaringan. Dibukanya kantor wilayah ini, salah satunya mengikuti pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” katanya terpisah.

Baiquni menegaskan, pembentukan kantor wilayah Malang merupakan salah satu bagian dari strategi BNI dalam meningkatkan kinerja demi mendorong perekonomian daerah.

Banyak dibukanya lapangan kerja, kesejahteraan rakyat serta menurunkan angka kemiskinan. “Keberadaan kantor wilayah baru diharapkan mampu menjadi katalis bagi pembangunan ekonomi di wilayah ini. Serta komitmen BNI dalam mendukung program pemerintah untuk percepatan pembangunan,” tandasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top