Nasional

Grandmaster Catur Dunia Ikut Berebut Piala Bergilir Ketua MPR RI

Grandmaster Catur Dunia Ikut Berebut Piala Bergilir Ketua MPR RI

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM  – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan turnamen catur ini merupakan turnamen yang ke-4 sejak dirinya menjadi pimpinan DPR RI dan Ketua MPR RI sekarang. Dimana catur ini merupakan salah satu olahraga yang bisa membawa Indonesia ke dunia internasional.

“Catur kali ini memperebutkan piala bergilir Ketua MPR RI dan Menpora Ri Zainuddin Amali. Baik pecatur maupun penonton tidak boleh bawa pacar dan handphone, karena akan mempengaruhi konsentrasi para pecatur tersebut,” demikian Bamsoet di Gedung MPR RI, Senayan Jakarta, Senin (14/6/2021).

Hadir dalam konperensi pers ini antara lain Ketua Percasi GMI. Utut Adianto, Grandmaster Susanto, Cerdas Barus, dan GMW.Irene Kharisma Sukandar. “Jadi, meski masih dalam suasana covid-19, kita tetap melakukan kegiatan untuk masyarakat dan tetap waspada dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” tutur Bamsoet.

Utut Adianto mengatakan, catur ini olahraganya para kesatria, olahraga pilihan yang uangnya kecil. “Pemerintah pun tak bisa menjadmin hidup sampai mati, kecuali kalua pajak penghasilan warganya sebesar 55 persen seperti di Amerika Serikat,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR FPDI Perjuangan ini.

Irene sendiri mengakui jika Pak Bamsoet sangat popular di kalangan anak muda melenial. Sedangkan Pak Utut Adianto sebagai maha guru catur Indoensia, yang gelarnya sudah di atas professor. “Pak Utut gelarnya sudah di atas Profesor, suhu, sifu,” kata Irene.

Turnamen catur berhadiah Rp105 jutaan ini memperebutkan piala bergilir Ketua MPR RI Bambang Soesatyp, dan Menpora RI Zainuddin Amali. Turnamen dgelar pada Sabtu (19/6/2021) pukul 10.00 Wib di Lobi Nusantara 5 Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan Jakarta. Turnamen disiarkan langsung melalui situs youtube pada Bamsoet Channel, dengan komentator Women Grandmaster Internasional (GMW) Irene Kharisma Sukandar.
Tujuan penyelenggaraan turnamen catur nasional ini untuk mendukung prestasi catur, agar dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang internasional.

Tema dari turnameen catur nasional ini adalah ‘Dengan semangat olahraga catur kita tingkatkan persatuan bangsa, sesuai dengan slogan catur ‘Gens una sumus (kita satu keluarga).”
Sebanyak 19 perserta grand master internasional (GMI) yang akan mengikuti turnamen ini adalah: Grandmaster Susanto, Cerdas Barus, Novendra Priasmoro, GMW. Media Warda Aulia, Megaranto, dan master internasional adalah Master Yoseph T Taher, Sean W Cuhendi, Muhammad L. Ali, Danny Juswanto, Azarya Jodi S, Anjas Novita, M. Irvan, Irwanto S, Ivan Situru, Gilbert, Nasib Ginting, Tirto, Dede Liu, Tirta Cp, Awam Wahono, Taufik Halay, Ronny Gunawan, dan Andi Suhendra.

Sedangkan peserta dari atlet Pelatnas Sea Games Putri (Women International Mastr) adalah; Chelsie Monica Ignesias Sihite, Dewi Ardhiani Anastasia Citra, Ummi Fisabilillah, Shanti Nur Abidah, Dita Karenza, Laysa Latifah, dan tujuh atliet daerah perwakilan provinsi hasil seleksi/kualifikasi.

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top