Industri & Perdagangan

Grab Ajak 4 Startup Lokal Selamatkan UMKM

Grab Ajak 4 Startup Lokal Selamatkan UMKM
Ilustrasi starup/Kompas.com

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM–Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan Tiga mengumumkan lima perusahaan rintisan (startup) terpilih menjadi mitra komersial. Adapun lima starup itu, empat dari lokal asal Indonesia, yakni Luna POS, KliknClean, Printerous dan GetCraft, sedangkan Workmate dari Singapura.

Kelima starup ini mendapatkan pelatihan selama 16 pekan untuk meraih kesempatan berkolaborasi bersama Grab Indonesia. “Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk bagi seluruh sektor di dunia, termasuk Indonesia,” kata Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi di Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Langkah GVV merupakan bentuk upaya Grab dalam mendukung bisnis startup agar mampu bertahan menghadapi gempuran pandemi virus Covid-19. “Bisnis startup menjadi salah satu yang terdampak. Sekitar 80 persen terkena dampak signifikan, seperti penurunan sales, pengurangan karyawan, dan kerugian untuk menutup operasional,” ungkapnya.

Sebenarnya, tema GVV batch ketiga ini sedikit mengalami penyesuaian. Dari yang awalnya memberdayakan pelaku usaha mikro di bidang kuliner dan logistik, berdasarkan urgensinya kini Grab memilih untuk fokus pada kuliner saja. Seperti diketahui, mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia memukul 60 persen industri makanan dan minuman Tanah Air. 30 persennya mengalami penurunan omzet secara drastis.

Maka dari itu, hadirnya lima startup pilihan GVV Angkatan 3 diharapkan dapat mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner agar bisa bangkit kembali di tengah dampak wabah virus Covid-19 di Indonesia. “Kami memilih lima startup ini karena ahli di berbagai sektor seperti manajemen keuangan, solusi kebersihan, branding, pemasaran, dan solusi tenaga kerja yang akan bermanfaat dalam mendukung UKM di bidang makanan dan minuman di Indonesia ke depannya,” ujar Neneng.

Lebih lanjut, Neneng mengatakan, nantinya startup terpilih akan menguji layanan mereka ke basis merchant GrabFood. Mitra yang tertarik pada produk layanan mereka bisa mendaftarkan diri melalui Grab, kemudan akan disambungkan kepada pihak perusahaan rintisan. Layanan yang ditawarkan harapannya dapat membantu mereka meningkatkan kinerja, sekaligus mengurangi biaya operasional.

Bukan Danai Startup

Sebagai informasi, GVV merupakan bentuk upaya Grab Indonesia untuk mendukung dan membimbing potensi-potensi startup Tanah Air agar terus dapat mengembangkan bisnisnya. Namun perlu diketahui, digelarnya GVV ini bukanlah untuk mendanai startup. Grab sama sekali tidak memberikan funding.

“Objektif Grab lewat program GVV adalah untuk fokus meningkatkan founder capability. Kemudian, setelah startup berhasil bisa menjadi partner kami secara komersial, masuk ke dalam ekosistem platform Grab,” jelas Neneng.

Untuk angkatan ini, masing-masing startup pilihan GVV memiliki latar belakang berbeda.

Pertama, Luna POS. Perusahaan rintisan ini menyediakan solusi kasir, manajemen inventaris, dan akunting berbasis cloud untuk UKM di Indonesia. Melalui layanan tersebut, Luna POS membantu usaha kuliner untuk mengurangi waktu yang dialokasikan untuk pekerjaan administrasi dan dapat fokus pada inti bisnis mereka.

Kedua, KliknClean yang merupakan penyedia layanan kebersihan total. Layanannya terdiri dari penyediaan disinfektan, pengendalian hama, dan fogging dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri.

Ketiga, Printerous. Startup ini memberikan solusi percetakan kemasan makanan dan minuman. Misalnya, membuat desain khusus untuk memperkuat upaya branding seperti kemasan, kantong kertas, label stiker, menu, dan lain-lain.

Keempat, Getcraft yang menghubungkan para kreator berkualitas dengan pelaku usaha sebagai bentuk upaya strategi pemasaran dan promosi bisnis. Startup tersebut juga dapat memberikan akses ke artikel, riset terbaru, webinar, dan pelatihan edukatif terkait strategi dan kampanye pemasaran yang terdepan.

Kelima, Workmate. Startup ini menyediakan solusi tenaga kerja digital yang memberikan usaha kuliner kemampuan untuk mengelola sumber daya dan manajemen tenaga kerja mereka sepenuhnya pada satu platform. ***

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top