Nasional

GP Ansor Dukung Pembubarahn HTI

JAKARTA – Gerakan Pemuda Ansor mendukung langkah pemerintah yang membubarkan organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Langkah pemerintah sudah tepat dengan membubarkan HTI, yang selama ini telah meresahkan masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas pada wartawan di Jakarta, Senin (8/5/2017). Menurutnya HTI memang layak dibubarkan karena hendak mengganti dasar negara Pancasila dengan khilafah.

Menurut Yaqut, saat ini yang harus dilakukan pemerintah adalah pembersihan oknum HTI yang berada di pemerintahan dan birokrasi. Pemerintah juga harus terus mengawasi aktivis HTI agar tidak mendirikan organisasi serupa yang merongrong Pancasila.

“Karena bisa saja mereka akan merubah nama tapi tujuannya tidak berbeda dengan HTI yang sudah almarhum,” kata Yaqut.

Karena itu Yaqut mengingatkan agar masyarakat harus mengantisipasi jika anggota HTI menyelusup masuk ke organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada dengan membawa agenda mereka meruntuhkan NKRI dan Pancasila.

Sebelumnya Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, ada tiga alasan pemerintah membubarkan HTI.

Pertama, sebagai ormas berbadan hukum, HTI dinilai tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.

Kedua, kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Ketiga, aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top