Nasional

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Sukabumi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Sukabumi, Selasa (10/3/2020) pukul 17.18 WIB.

Dampak dari gempa tersebut, warga di Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan rumah.

Pusat gempa berada di 13 km arah timur laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini juga terasa hingga daerah tetangga seperti Kabupaten Bogor dan Kota Jakarta. Pusat gempa berada di 13 km arah timur laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, hingga Selasa sore, tercatat sedikitnya dua rumah di Kabupaten Sukabumi rusak akibat gempa. Sementara di Kabupaten Bogor, warga melaporkan adanya kerusakan rumah di Desa Purwa Bakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Saat ini tim Disaster Emergency Response (DER) – ACT sudah bergerak ke lokasi terdampak di Sukabumi dan Bogor untuk melakukan asesmen serta evaluasi jika diperlukan.

“Tim kami sudah menyebar ke wilayah-wilayah terdampak di Kecamatan Kalapanunggal dan Bojongganteng, Kabupaten Sukabumi. Sementara satu tim lagi tengah melakukan asesmen di Kecamatan Pamijahan di Kabupaten Bogor,” jelas Daryadi dari Tim DER – ACT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya menyebut, guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Cikidang, Ciambar, Cidahu, Kalapanunggal, sebesar IV – V MMI, atau dirasakan hampir semua penduduk.

BMKG menyarankan warga untuk berhati-hati akan potensi gempa susulan. “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG dalam situs resminya, Selasa (10/3).

Saat ini dampak kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa masih terus diperbarui. Masyarakat diimbau untuk tidak panik dalam merespons bencana tersebut.(**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top