Perbankan

Gelar Produk Unggulan, BI Dorong Penciptaan Nilai Tambah  

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Bank Indonesia (BI) mendorong penciptaan nilai tambah produk UMKM. Hal ini sebagai langkah agar UMKM dapat mengikuti tren pasar dalam dan luar negeri. Sehingga mampu meningkatkan daya saing dan meraih peluang ekspor produk UMKM. “Sebanyak 20 UMKM binaan BI terlibat mulai dari UMKM penghasil kain, kopi dan teh, serta produk kriya khas Nusa Tenggara dan Bali,” kata Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti usai membuka secara virtual Pameran Produk Unggulan UMKM BaliNusra (Bali, Nusa Tenggara) di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Rabu ( 24-28/3/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri 1 dengan tema #EksotismeLombok, sebagai wujud nyata dukungan termasuk dalam rangka peran BI sebagai movement manager dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (GBWI).

Lebih lanjut, Destry Damayanti menyampaikan BI akan mendorong transformasi ragam karya UMKM Indonesia agar berkembang menjadi mahakarya dengan nilai tambah tinggi melalui proses kurasi oleh ahli dan kolaborasi dengan desainer tanah air.

Kolaborasi UMKM dengan desainer tanah air juga diwujudkan dalam Pagelaran Karya Kreatif “Pesona Lombok Mendunia” yang dilaksanakan pada pembukaan Pameran Produk Unggulan UMKM Balinusra.

Kegiatan pagelaran busana ini merupakan hasil kolaborasi antara UMKM Binaan BI di Nusa Tenggara Barat dengan desainer terkemuka tanah air, yaitu Wignyo Rahadi dengan tenun Pringgasela karya Klaster Tenun Pringgasela, Linda Hamidy Grander dengan kain tenun Maringkik karya kelompok Bunga Maringkik, Ferry Koencoro dengan kain tenun Sukarara karya Galang Songket, Maisy dengan kain tenun Kembang Kerang karya Nyalakok Tenun, dan Danny dengan tenun ikat Tangke Bunga Sumbawa karya Tenun Karya Mandiri Moyo Mekar.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para penggiat UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi agar terus menciptakan nilai tambah produk UMKM, baik dalam bentuk fesyen, maupun berbagai produk kerajinan dan produk-produk yang bukan hanya artistik namun juga memiliki daya pakai yang tinggi.

Selain pameran fisik di Grand Indonesia lantai 3A, masyarakat juga dapat membeli produk UMKM BaliNusra dalam KKI 2021 secara online, dengan mengunjungi
www.karyakreatifindonesia.co.id, lalu memilih menu katalog dan kontak UMKM pada website. BI juga mengajak masyarakat untuk terus menggunakan, mencintai, dan bangga terhadap produk-produk UMKM Indonesia. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top