Headline

Gara-Gara Fokus Restrukturisasi, Himbara Lambat Turunkan Suku Bunga

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM –
Bank Indonesia-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sudah turun ke angka 3,75% beberapa waktu lalu. Namun sayang Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) hingga kini belum mau menurunkan suku bunga. “Memang situasinya lagi serba sulit, sekarang ini,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung
kepada suarainvestor.com, Jakarta, Rabu (02/12/2020).

Lebih jauh kata Alumnus FEUI, dampak pandemi Covid-19 yang cukup panjang membuat kinerja bank-bank BUMN agak terpengaruh. “Karena bank-bank BUMN juga sedang merestrukturisasi kredit akibat dampak Covid-19,” ujarnya.

Legislator Nasdem dari Dapil Sumut II
menyatakan beberapa waktu lalu likuiditas perbankan sempat terkuras gara-gara Covid-19.
“Jadi sebenarnya tanpa menurunkan suku bunga pun, banyak pinjaman yang sudah tidak dibebankan pembayaran bunga atau diberikan penangguhan,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 November 2020, BI memutuskan untuk menurunkan BI-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps dari 4,00% menjadi 3,75%.

Sejalan dengan itu, bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 4,50%.

“Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, beberapa waktu lalu. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top