Nasional

Fraksi DPR Mulai Kirim Utusan untuk Angket KPK

JAKARTA – Fraksi-frkasi DPR RI sudah mulai kirim utusannya ke Pansus Angket KPK. FPDIP misalnya telah mengirimkan 6 nama ke pansus angket KPK tersebut. Fraksi Golkar akan kirim pada Kamis (1/6/2017). Kalau aturan di sini, sesuai paripurna FPDIP mengikuti. Nah kalau soal alasan kenapa ikut angket, kita ikuti saja aturan UU MD3.

“Sesuai dengan porsinya PDIP 6 wakil di pansus angket KPK,” tegas Sekretaris F-PDIP Bambang Wuryanto pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (30/5/2017). Tapi, Bambang tidak merinci siapa saja nama yang disetor. Alasan PDIP mengirim perwakilan karena mematuhi putusan rapat paripurna.

Bambang mengklaim fraksinya mendukung untuk memperkuat KPK meski mengirimkan perwakilannya. “FPDIP pada prinsipnya untuk memperkuat KPK. Makanya 100 persen kita setuju angket KPK ini,” ujarnya.

Sebelumnya, F-Hanura mengatakan sudah mengirim satu perwakilan ke Pansus hak angket KPK. Nama tersebut adalah anggota Komisi III DPR Dossy Iskandar.

Sementara itu Fraksi Golkar di DPR RI yang bersikukuh pada hak angket terhadap KPK akan mengirimkan 5 nama pada Jumat (2/5/2017) nanti. “Fraksi Golkar akan mengusulkan nama-nama, jatah 5 nama,” kata Ketua Fraksi Golkar Robert Kardinal.

Bendahara Umum Partai Golkar ini menjelaskan nama-nama itu untuk memperkuat KPK, bukan melemahkan. Hal itu sesuai arahan DPP Golkar. “Kita harapkan dengan hak angket ini bisa memperkuat KPK. Arahan dari DPP, prinsipnya, fraksi mengirimkan nama untuk memperkuat KPK,” tambah Robert.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top