Nasional

FPKB DPR Minta Pemerintah Jamin Kepastian Keberangkatan Jamaah Umrah yang Tertunda

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Pemerintah harus memiliki standar penanganan yang jelas  dan konkret terkait tertundanya keberangkatan Jamaah Umroh pasca larangan otoritas Saudi Arabia karena virus corona.
“Kami minta Pemerintah (Kemenag)  RI memberikan jaminan kepastian keberangkatan terhadap jamaah umroh gagal berangkat benerapa waktu lalu,” tegas anggota Komisi VIII DPR itu, Senin (2/3/2020). 
Menurut Kang Maman sapaan akrab Anggota Dewan Syuro DPP PKB itu, harus ada kepastian perlindungan negara terhadap jamaah umroh yang gagal berangkat tersebut.
“Sebagai warga negara juga sebagai konsumen, jamaah umroh wajib dilindungi dari ketidakpastian. Karena itu negara harus betul-betul hadir dengan kebijakan konkret menyikapi persoalan ini,” tambah Maman. 
Salah satu hal yang bisa dilakukan pemerintah adalah kebijakan adanya asuransi bagi Jamaah Umroh. Sebab, tidak menutup kemungkinan, kasus serupa seperti virus corona ini akan terulang kembali. 
Ia berharap pemerintah tak hanya mendesain asuransi untuk kecelakaaan, tapi juga asuransi perlindungan dan proteksi untuk jamaah umroh.
Sebagaimana diketahui, otoritas Arab Saudi mengeluarkan larangan kunjungan umroh mengantisipasi penularan virus corona.
Hal itu menyebabkan banyak jamaah umroh yang gagal berangkat, bahkan sejumlah jamaah  umroh yang sudah berangkat terpaksa kembali ke tanah air.
Sementara itu otoritas Arab Saudi.kembali membuka perjalanan umroh tersebut mulai 14 Maret 2020 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top