Nasional

FPDIP DPR Minta Pemerintah Terus Evaluasi New Normal

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Anggota Komisi IX DPR RI FPDIP Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil) menilai penerbitan peraturan new normal merupakan kebijakan untuk merespons perkembangan penanganan Covid19. Hanya saja pemerintah jangan sampai lengah, agar penanganan Covid19 bisa tuntas.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan RI menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada situasi Pandemi.

Kebijakan ini berisi protokol kesehatan dan keamanan untuk penanganan Covid19, serta mengatur pola kerja di berbagai instansi.

“Pemerintah harus terus-menerus mengevaluasi kebijakan/protokol new normal. Secara periodik harus ada evaluasi berdasarkan kurva, serta indikasi penyebaran dan jumlah korban. Ini penting agar bisa diambil langkah cepat untuk penanganan Covid19, jika ada kasus yang memburuk,” tegas Gus Nabil, Selasa (26/5).

Di sisi lain kata Ketua Umum PP Pagar Nusa NU itu harus ada reward dan punishment, kepada instansi/perusahaan yang mematuhi dan di lain pihak jika ada yang melanggar protokol kesehatan.

Gus Nabil minta pemerintah harus terbuka pada data. Sebab, di antara kunci analisa kebijakan dan evaluasi, itu terletak pada transparansi data.

“Jika data-data yang dibuka itu sesuai dengan fakta, bisa dipertanggungjawabkan, serta sesuai dengan kaidah sains, maka akan lebih mudah dalam analisa kebijakan serta memetakan langkah-langkah selanjutnya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top