Nasional

FPDIP akan Galang Kekuatan untuk Gagalkan Angket Ahok

JAKARTA, FPDIP DPR akan melobi seluruh fraksi dpr ri agar tidak meloloskan hak angket tidak diberhentikannya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan Gubernur DKI. Dan, sejauh ini sudah ada empat fraksi yang kini telah mengajukan hak angket adalah fraksi Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN.

“Kami akan bicara dengan teman-teman fraksi, artinya akan kami lobi semua pihak di DPR RI. Itu normal saja, kami melakukan lobi, bicara ada hal apa di balik semua ini. Jadi, usulan hak angket itu sangat janggal mengingat ada banyak cara yang bisa ditempuh sebelum menempuh hak istimewa DPR itu,” tegas Wasekjen DPP PDIP Eriko Sotarduga pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Menurut Eriko, pengajuan hak angket ini tak lepas dari dinamika Pilkada DKI Jakarta, yang seolah mempunyai keterkaitan kuat dengan dinamika politik nasional. Padahal, seharusnya konstelasi politik di Pilkada DKI ini tidak dibawa ke DPR RI sehingga membuat situasi politik nasional menjadi tidak kondusif.

“Saya menyayangkan adanya upaya yang menghubung-hubungkan Pilkada DKI dengan Pemilu Presiden 2019, sehingga membuat suhu politik kian panas. Padahal, Pilpres 2019 masih lama. Dan, yang menarik ada partai yang selama ini kami bersama-sama di pemerintahan juga ikut mengajukan hak angket, dan ini akan kami bicarakan dengan semuanya,” ujarnya.

Langkah Mendagri Tjahjo Kumolo yang mengaktifkan kembali Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, memunculkan wacana hak angket.

Menurut para pengusul hak angket, pemerintah telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah karena tak memberhentikan Ahok yang berstatus terdakwa.

Para pengusul angket menilai, pemerintah melanggar Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada karena melakukan serah terima jabatan pada 11 Februari 2017, yang masih dalam masa kampanye.

Ahok kini berstatus terdakwa kasus dugaan penodaan agama. Dia didakwa dengan Pasal 156 atau Pasal 156a.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top