Nasional

Formappi Prediksi Kinerja DPR Tak akan Berubah

JAKARTA, Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Djadiono memprediksi kinerja DPR periode 2019-2024 tak akan berbeda dengan periode sebelumnya lantaran diisi oleh wajah lama dari partai-partai yang lama pula.

“Jika DPR hasil Pemilu 2019 akan diisi kembali oleh mayoritas anggota DPR hasil Pemilu 2014, maka patut diduga kinerjanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan,” tegas Djadiono dalam diskusi di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Menurut Djadiono, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, sembilan partai yang memiliki kursi di parlemen kembali lolos ke DPR. Mereka ialah PDI-P, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP.

Ia menilai kinerja DPR yang dilakukan oleh 9 fraksi partai pada periode 2014-2019 buruk, sebab banyak Rancangan Undang-undang (RUU) yang tidak selesai.

Setidaknya sepanjang tahun 2018, DPR berulang kali memperpanjang pembahasan RUU hingga lima kali.

Pada tahun 2018, ada 17 RUU yang diperpanjang selama lima kali. Padahal menurut Pasal 143 Tata Tertib DPR, perpanjangan pembahasan RUU maksimal hanya tiga kali dan harus disertai dengan alasan yang kuat.

Bahkan sepanjang periode 2014-2019, ada RUU yang perpanjangan pembahasannya hingga 10 kali yakni RUU KUHP dan RUU Wawasan Nusantara.

“Jika dugaan ini benar, maka mereka akan berpotensi mengabaikan jerih payah petugas di TPS yang gugur dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top