Nasional

Film Contagion, Virus Corona dan Keresahan Penduduk Dunia

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Wabah Virus Corana yang menggemparkan dunia saat ini mengingatkan para pencinta film “Contagion”.

Sebuah film yang dirilis tahun 2011 garapan Sutradara Steven Soderbergh ternyata sudah mampu mendeskripsikan dan dirasakan benar-benar nyata setelah Virus Corona membuat jutaan penduduk dunia di berbagai negara merasa ketakutan dan terancam dengan virus mematikan tersebut.

“Sebuah film Amerika yang ditayangkan pada tahun 2011 berbicara tentang virus mirip Coronavirus yang mulai menyebar dari Tiongkok untuk menyebar ke seluruh dunia!”.

Ulas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Sabtu (1/2/2020) tentang kemiripan kisah Penularan Film dengan wabah Virus Corona yang saat ini menjangkiti penduduk dunia dan diawali dari salah satu kota di provinsi Hubei, Cina yang disebut Kota Wuhan.

Keheranan Bamsoet terkait kemiripan kisah Film Contagion dengan wabah Virus Corona adalah hewan pencetusnya yaitu sama-sama merujuk pada Kelelawar.

“Hal yang paling aneh adalah bahwa pada akhir film ternyata penyebab infeksi adalah kelelawar, yang merupakan alasan yang sama bahwa penyakit ini menyebar !!”. Demikian Bamsoet mengenai kemiripan kisah namun tertuang dalam dua hal berbeda yaitu antara kisah film yang sudah lama ditayangkan dengan fakta empiris yabg terjadi akhir-akhir ini.

“Nama filmnya adalah ‘Contagion’. Disutradarai oleh Steven Soderbergh. Dibintangi: Matt Damon, Kate Winslet, Jude Law & Gwyneth Paltrow. Itu bisa dilihat di Amazon Prime & Netflix,” tutup Bamsoet.

Untuk diketahui, Contagion adalah film thriller bencana Amerika tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh. Film ini dibintangi oleh Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle. Alur cerita Contagion yaitu mendokumentasikan penyebaran virus terlindungi dan para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk perlindungan penyakit tersebut, serta pada saat terbaru mempromosikan vaksin untuk memindahkan penyebarannya.

Dalam laman wikipedia, dijabarkan bahwa Contagion ditayangkan perdana di Festival Film Venesia ke-68 di Venice, Italia pada tanggal 3 September 2011, dan dilanjutkan dengan rilis secara umum pada 9 September. Film ini diterima dengan baik oleh para kritikus, yang memuji narasi dan penampilan dari para aktor dan aktris. Film ini juga diterima dengan baik oleh para ilmuwan, yang memuji akurasinya. Secara komersial, film ini sukses, dengan anggaran sebesar $ 60 juta, Contagion mampu meraup pendapatan $ 135 juta.

Penulis dan Sutradara Contagion berupaya menyuguhi masyarakat bahwa ada faktor X seperti wabah virus yang bisa mengancam keberlangsungan kehidupan manusia.

Dalam waktu singkat, virus ini menyebar dan bahkan dapat membunuh manusia. Virus ini mampu bermutasi dengan cepat hanya melalui perantara udara saja.

Dampaknya pun bisa kita rasakan saat i i yaitu bukan hanya ketakutan pada virus mematikan tersebut tetapi juga ketakutan pada sesama manusia. Akhirnya manusia terpecah belah oleh sesuatu yang tak nampak oleh mata. Karena Virus Corona tak dapat dilibat secara kaaat mata. Ia baru dapat terlihat wujudnya apabila dilihat melalui bantuan alat mikroskop.(**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top