Industri & Perdagangan

Festival Al-Azhom Bangkitkan UMKM Kota Tangerang

Festival Al-Azhom Bangkitkan UMKM Kota Tangerang

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM- Dengan adanya Festival Al-A’zhom 9 Kota Tangerang ini selain dijadikan untuk memupuk tali persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Tangerang, tapi juga dapat dijadikan momentum sebagai kebangkitan Usaha Mikro Menengah dan Kecil (UMKM). Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, saat sambutannya di pembukaan Jalan Santai Sarungan pada Minggu (25/9/22).

Terbukti, dengan antusias masyarakat yang tinggi dan membuat para pelaku UMKM mendapatkan omzet yang cukup tinggi dari empat hari pelaksanaan Festival Al-A’zhom 9, mulai dari hari pembukaan (23/9/22) yang lalu. Adapun bentuk UMKM yang dijajaran mulai dari kuliner, kerajinan tangan dan busana muslim.

Salah seorang pelaku UMKM asal Kecamatan Karawaci, Aisyah menjelaskan bahwa ia sudah mengikuti dari Festival Al-A’zhom ke-6 dan menjual dagangannya yang berupa kuliner yaitu Dimsum. Walaupun sudah dua tahun tidak dilaksanakan, ia pun mengungkapan antusias masyarakat sangat baik sehingga ia dapat menjual 1.500 pieces dimsum. Dengan total omzet selama tiga hari sebesar Rp8 juta.

“Sudah dua tahun tidak diadakan tapi saya selalu menginginkan untuk menjual dagangan saya, karena lewat Festival Al-Azhom selalu mendapatkan omzet yang menakubkan. Walaupun baru empat hari, saya mendapatkan omzet sebesar Rp 5 juta pada hari Sabtu (25/9/2022).

Menurut saya itu merupakan hal yang luar biasa, karena sebelumnya pada hari Pembukaan (23/9/2022), saya mendapatkan sebesar Rp 1,2 juta. Tapi dengan itu saya sangat bersyukur dan sangat terbantu dengan adanya Festival Al-A’zhom 9,” jelas Aisyah, Pelaku UMKM.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Agustina, pelaku UMKM yang menjual dagangannya berupa kerajinan tangan, seperti bros, hiasan dinding, dan sebagainya.

Ia mengungkapkan sangat senang lewat Festival Al-Azhom omzetnya dapat melambung tinggi, dan dengan itu ia dapat meningkatkan kreatifitasnya.

“Kalau jumlah yang terjual saya tidak menghitung, tapi untuk omzet yang dihasilkan bisa mencapai Rp 3 juta pada hari Sabtu kemarin. Saya banyak-banyak terimakasih kepada Festival Al-Azhom, semoga dengan itu dapat menjadikan para UMKM menjadi berkualitas, naik kelas dan bersemangat dalam menjual serta memprosikan UMKMnya,” tutup Agustina.***

Penulis    :  A Rohman

Editor      :  Chandra

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top