Nasional

Fathan Subchi : NU Maksimalkan UKM untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

JAKARTA, Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU-PBNU) menyelenggarakan NU-Expo pada tanggal 21-24 Desember 2016 di Jatim Expo International Surabaya, untuk membangun networking dan strategi pengembangan ekonomi umat. Pameran tersebut diikuti 150 pengusaha kecil dari LPNU-PCNU se-Indonesia.

“Acara NU Expo itu mengingat perlunya pengusaha kecil/industri kecil mulai merambah jaringan pemasaran yang luas, mampu bertransaksi secara nasional, dan meningkatkan performen produk melalui kemasannya,” demikian keterangan Fathan Subchi selaku sekretaris LPNU pada wartawan di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Rencananya NU-Expo akan dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Kegiatan ini dirangkai dengan temu bisnis antar pengusaha LPNU se-Indonesia, stand klinik industri UMKM LPNU sebagai ruang seputar konsultasi bisnis, dan seminar nasional terkait kemandirian ekonomi pesantren.

“Harapan dari NU-expo adalah agar LPNU-PCNU se-Indonesia mampu menjadi basis pasar potensial, menjalin konektivitas antar LPNU sehingga terjalin kerjasama bisnis, transformasi Nahdlatul Ulama untuk pemberdayaan umat,” ujar Fathan Subchi yang juga anggota Komisi V DPR RI FPKB.

Ketua Panitia NU-Expo Jaenal Effendi mengatakan bahwa sudah saatnya pesantren juga turut berperan menciptakan kemandirian ekonomi, karena basis alumni pesantren yang cukup banyak tersebar.

LPNU sebagai struktur organisasi lembaga di bawah PBNU, maka LPNU siap untuk terus melakukan pendampingan strategi wirausaha, membantu jaringan akses baik permodalan maupun pemasaran, penguatan manajemen perusahaan. “Termasuk kemampuan melakukan packaging produk agar layak dipasarkan seiring trend yang ada,” ujar Jaenal Effendi yang juga Dosen IPB

Fathan Subchi yang juga anggota DPR RI komisi 5 berharap NU-Expo mampu memberi dampak positif terhadap pengusaha kecil yang didominasi warga nahdliyyin, mereka besar dalam jumlah dan sangat berpengaruh terhadap perekonomian Nasional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top