Nasional

Farouk: Mengkhawatirkan Anggota DPD RI Ke Hanura

JAKARTA, Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad mengaku kekhawatirannya jika DPD RI didominasi oleh satu partai tertentu. Hal itu ditandai dengan masuknya 70 anggota DPD ke Partai Hanura. Bahkan menjadi pengurus harian partai besutan Wiranto, yang kini dipimpin oleh Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta tersebut

“Masuknya mereka itu akan sedikit memengaruhi misi DPD RI yang seyogyanya non-partisan. Sebab, semakin DPD RI didominasi oleh satu partai, maka semakin dikhawatirkan penguatan DPD RI akan diganjal oleh partai-partai lain di DPR RI,” tegas Farouk Muhammad pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Memang kata anggota DPD RI asal NTB itu, tak ada larangan bagi anggota DPD RI untuk bergabung dengan partai politik. Banyak juga anggota DPD RI berasal dari Golkar, PPP, PAN, PDIP dan lain-lain. “Golkar yang cukup banyak, itu hampir tidak ada hubungannya. Bahkan terakhir, kami coba bujuk Pak Setya Novanto agar Golkar ikut mendukung amandemen karena 20 lebih anggotanya ada di DPD,” kata Farouk.

Masalahnya kata Farouk, dampaknya dengan kasus Hanura ini akan membuat kewenangan DPD RI semakin berwenang atau semakin tidak berwenang. “Ya, konsekuensinya DPD RI bisa makin kuat atau makin tidak berwenang lagi,” ujarnya.

Sebelumnya Sekjen Hanura Sarifuddin Sudding mengklaim ada 70 anggota DPD yang gabung Hanura. Tapi, Farouk tidak yakin dengan jumlah tersebut. “Itu kalau 70 orang, tapi saya yakin tidak sebesar itu. Kalau 30-an orang mungkin saja,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top