Industri & Perdagangan

Dari Business Meeting Expo, Faisol Riza: Perlu Sinergi Antar Kementerian Guna Memajukan UMKM

Dari Business Meeting Expo, Faisol Riza: Perlu Sinergi Antar Kementerian Guna Memajukan UMKM
Dari kiri ke kanan, Ketua Komisi VI DPR RI Faizol Risa, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskadar (tiga kiri), Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Dirjen Binapenta Kemnaker RI, Suhartono dan Stafsus Kemenaker Dita Indah Sari saat peresmian UMKM (Business Meeting & Expo) dengan tema "Kali Ini Kita Lebih Benar" yang berlangsung mulai 14-15 Desember 2022 di Gedung Nusantara IV Komplek Parlemen Senayan Jakarta. Rabu (14/12/2022)/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR meminta agar Kementerian Koperasi UKM bersinergi dengan Kementerian Tenaga Kerja untuk membangkitkan UMKM dan untuk membantu UMKM dalam mendapatkan pelayanan, terutama mengenai administrasi seperti perizinan. “Saya harapkan pemerintah bisa lebih melakukan kerja sama antar kementerian dan lembaga supaya tidak ada ego sektoral yang bisa menghambat kemajuan UMKM,” kata Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza saat menghadiri acara pembukaan kegiatan Business Meeting Expo yang diadakan Kementerian Ketenagakerjaan di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Dari Business Meeting Expo, Faisol Riza: Perlu Sinergi Antar Kementerian Guna Memajukan UMKM

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (berbaju biru) sedang meninjau stand UMKM/Foto: Anjasmara

Berdasarkan catatan Forum Business Meeting Expo ini diikuti sekitar 120 UMKM dari berbagai daerah dan berbagai macam sektor, baik kuliner, fasyen, kerajinan, makanan dan minuman. Dalam pembukaan tersebut, Faisol Riza ikut mendampingi Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin), beserta Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Dirjen Binapenta Kemenaker Suhartono.

Lebih lanjut Politisi PKB ini menilai kegiatan UMKM Business Meeting Expo ini dapat dijadikan semacam model bagi Kementerian Koperasi dan UMKM. “Jadi, ini untuk menggugah Kementerian Koperasi dan UMKM, agar supaya bisa bekerja sama lebih erat lagi antar kementerian dan lembaga,” ujarnya.

Mantan aktivis Forum Kota (Forkot) ini mengapresiasi kegiatan ini merupakan langkah yang baik untuk membantu UMKM dalam mendapatkan pelayanan, terutama mengenai administrasi seperti perizinan. “Ini langkah yang baik dari Kementerian Tenaga Kerja dalam hal ini perluasan kerja terutama untuk membantu UMKM mendapatkan pelayanan yang lebih cepat terutama administrasi perizinan dan segala macamnya sering menjadi masalah,” paparnya lagi.

Dari Business Meeting Expo, Faisol Riza: Perlu Sinergi Antar Kementerian Guna Memajukan UMKM

Dalam UMKM Business Meeting Expo ini terdapat berbagai stan yang menyediakan pelayanan UMKM yang disediakan, seperti edukasi UMKM dari Shopee Indonesia, Perizinan Berusaha OSS & HKI, Serifikat Halal, Pendaftaran BPOM, Program KUR dari BNI dan Konsultasi Pajak. “Jadi, ini untuk menggugah Kementerian Koperasi dan UMKM, agar supaya bisa bekerja sama lebih erat lagi antar kementerian dan lembaga,” pungkas Legislator Dapil Jawa Timur II itu. ***

Penulis     :     Iwan Damiri

Editor      :      Eko

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top