Nasional

Fadli Zon Mendukung 11 Pimpinan MPR RI

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon sepakat dengan usulan penambahan Pimpinan MPR dan DPR. Dalam Revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3), Pimpinan MPR ditambah menjadi 11 dan Pimpinan DPR menjadi 7 atau 10 orang.

“Di MPR gak ada masalah karena fungsinya selain fungnsi terkait legislasi juga ada perseoalan kebangsaan dan kenegaraan termasuk sosialisasi 4 pilar. Karena itu, mestinya penambahan kursi Pimpinan MPR tidak masalah, sebab mereka harus berbagi banyak wilayah dan daerah dan banyak yang disentuh terkait persoalan kebangsaan yang besar,” tegas Fadli Zon pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Dengan penambahan Pimpinan DPR, Fadli menganggap wajar hal tersebut sebab ada kebutuhan harian yang membutuhkan tambahan Pimpinan DPR. “DPR kan lebih pada daily politik dan sifatnya teknis, adhoc, sehingga bisa diterima. Tapi itu belum jadi keputusan,” ujarnya.

Menurut Waketum Gerindra itu, penambahan Pimpinan DPR dan MPR merupakan tuntutan politik dan itu sangat wajar. Dia meyakini penambahan Pimpinan MPR dan DPR tak akan membebani anggaran secara signifikan.

“Selama ini anggaran secara signifikan justru tersedot dalam bidang pembangunan infrastruktur. Saya kira ada di kesekjenan ya soal anggaran. Tidak terlalu besar sih, ya sama dengan yang lain-lain. Jadi paling protokoler kan itu urusan bisa memanfaatkan dari yang sudah ada,” tambahnya.

Kendaraan ada, rumah dinas, kalau rumah dinas ada yang sudah ada. “Jadi tidak ada yang baru ya hal-hal seperti itu,” pungkasnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) Firman Soebagyo menyatakan, ada usulan baru dalam pembahasan Revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3). Usulan tersebut, yakni penambahan jumlah Pimpinan DPR menjadi 7 kursi, Pimpinan MPR menjadi 11 kursi dan pimpinan DPD menjadi 5 kursi.

“Jadi masih dinamis, ada juga usulan bahwa pimpinan DPR ditambah 2 kursi, MPR ditambah 6 kursi, terus kemudian pimpinan DPD ditambah 2 kursi. Jadi ini berkembang terus, dinamis,” kata politisi Golkar itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top