Industri & Perdagangan

Erick Thohir: Jangan Ada Proyek Aneh-Aneh

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Manajemen PT PLN (Persero) diminta menghentikan pelaksanaan proyek yang dinilai tidak penting. Karena demi menjaga kinerja keuangan perseroan dengan cara menekan biaya modal atau capital expenditure (capex). “Enggak usah ada lagi proyek aneh-aneh. Stop permainanan proyek yang enggak penting,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, di Kamis (12/8/2021).

Lebih jauh Erick menegaskan PLN membutuhkan arus kas keuangan yang baik, mengingat perseroan memiliki sejumlah penugasan dari pemerintah, mulai dari pemberian subsidi listrik hingga yang terbaru menyalurkan oksigen medis. Selain itu PLN juga masih memiliki kewajiban atau utang yang hampir mencapai Rp500 triliun pada tahun lalu.

Pada saat bersamaan, Erick mendorong PLN untuk bertransformasi menjadi perusahaan penyedia listrik yang ramah lingkungan atau berbasis green economy. “Enggak mungkin juga mengorbankan PLN menjadi perusahaan yang enggak sehat. Justru kami disini mengawal memastikan PLN jadi tulang punggung yang sehat,” tutur Erick.

“Makanya, transformasi di PLN gak cuman secara perusahaan tapi culture dan human capital juga,” tambah dia.

Erick pun mengapresiasi manajemen PLN yang sudah mampu menekan anggaran capex sebesar 24 persen. Namun demikian, angka ini disebut masih mampu ditingkatkan kembali. “Kita ini semua butuh listrik. Kalo PLN-nya sakit, ya kita semua sakit,” pungkasnya. ***

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top