Nasional

Era Jokowi Perilaku Korupsi Terindikasi Melonjak

JAKARTA-Wasekjen Ormas Pemuda Bung Karno (OPBK) Furdiyanto Kusuma mengakui tingkat korupsi pada era Pemerintahan Jokowi meningkat sangat tajam. Hal ini mengindikasikan lemahnya pengawasan internal, sebut saja inspektorat jenderal pada beberapa lembaga. “Kasus-kasus korupsi ini banyak melibatkan anggota DPRD. Lihat saja sekitar 41 anggota DPRD Malang yang ditangkap KPK,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Lebih jauh kata Furdiyanto, kasus dugaan korupsi juga banyak terjadi pada proyek-proyek kerjasama yang melibatkan investor asing. “Banyak pejabat tidak tahan terhadap godaan suap dan gratifikasi. Karena proyek-proyek ini nilainya miliaran rupiah,” tambahnya.

Penegakkan hukum pada era Jokowi, sambungnya, boleh dikatakan stagnan alias jalan ditempat. Karena itu kasus-kasus lama seperti Mega korupsi BLBI dan Centurygate tak banyak mengalami perkembangan. “Kita malah mempertanyakan kenapa kasus ini lambat sekali penuntasannya.
Mungkinkah banyak pejabat pusat dan petinggi partai yang bermain, sehingga menjadi sulit tersentuh atau karena memang sengaja ingin dihilangkan,” ungkapnya seraya bertanya-tanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top