Industri & Perdagangan

Bangun Kualitas Hidup Pekerja, Emil Dardak Dorong EAROPH-KEK JIIPE Bersinergi

emil dardak
Wagub Jawa Timur, sekaligus Presiden EAROPH, Emil Elestianto Dardak (tengah) mendengarkan penjelasan Director of Operations JIIPE Gresik, Naresh Anchalia (kanan), di Gresik/Foto: Endang (Kontributor)

SURABAYA, SUARAINVESTOR.COM-Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mendorong sinergisitas antara EAROPH dan JIIPE sebagai kemitraan yang strategis. Dengan hadirnya delegasi EAROPH di Gresik diharapkan dapat membuka jalan untuk mewujudkan Industrial Park JIIPE ke depan sebagai kawasan industri yang juga merupakan tempat tinggal yang layak huni bagi para pekerja. “Situasi ini membantu para pekerja agar mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik dan kualitas hidup yang lebih sehat serta berkelanjutan,” katanya usai menutup Kongres Dunia Eastern Regional Organization for Planning and Housing (EAROPH) ke-28 di Surabaya, Selasa (12/10/2022).

KEK JIIPE bersama EAROPH mendukung pengembangan kawasan industri berkelanjutan di masa depan, yang juga meningkatkan kualitas hidup seluruh pekerja.

KEK JIIPE bersama EAROPH mendukung pengembangan kawasan industri berkelanjutan di masa depan, yang juga meningkatkan kualitas hidup seluruh pekerja.

Presiden EAROPH 2022-2024 ini bersama delegasi internasional ahli permukiman mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE Gresik. Salah satu fokus utama kegiatan ini adalah memperlihatkan perkembangan kemajuan dan keunggulan KEK JIIPE Gresik. “Sebagai proyek unggulan yang didukung oleh pemerintah pusat, dampak yang diharapkan adalah mengubah kawasan industri JIIPE menjadi habitat yang layak huni. Bukan hanya areal pabrik yang dibangun bersebelahan,” tegas Emil.

Diakui Emil, kunjungan ini bertujuan untuk membuka pintu bagi lebih banyak kerjasama dan sinergi dengan anggota pakar pemukiman manusia, praktisi, dan organisasi multi-sektor dalam pembangunan JIIPE di masa depan.

Merujuk pada diskusi sesama Walikota di negara-negara ASEAN yang berkumpul di ASEAN Mayors’ Forum (AMF) pada 7 Oktober 2022, Ar. John Koh Seng Siew, Presiden Kehormatan EAROPH menyebutkan seiring Jawa Timur dan Indonesia tumbuh sukses, Malaysia dan negara-negara ASEAN lainnya juga akan mendapatkan manfaat sehingga kita akan tumbuh bersama. “Emil setuju,’ ucap John.

Menurut John, ini menjadi situasi win-win bagi semua orang, istilahnya a non-zero-sum game. Karena Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di ASEAN, kemajuan Indonesia akan bermanfaat bagi kita semua. “Kita semua harus bekerja sama lebih jauh, karena ada 600 juta orang di ASEAN, dan 40 juta di antaranya, atau 10% di antaranya ada di Jawa Timur,” pungkasnya. ***

Penulis  : Endang (Kontributor)
Editor    : Eko

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top