Nasional

Eltinus Omelang Minta Mahasiswa Mimika Tak Terprovokasi Hoaks Eksodus

MIMIKA, SUARAINVESTOR.COM –  Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan permasalahan rasisme yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya, Malang, dan Semarang, sehingga memicu terjadinya demonstrasi dan anarkisme di Papua dan Papua Barat, telah diambil tindakan tegas oleh pemerintah.

”Karenanya, seluruh mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika untuk tidak terprovokasi oleh isu eksodus mahasiswa Papua dari seluruh Pulau Jawa, Bali, Makassar, dan Manado. Mahasiswa asal Mimika harus tetap melanjutkan kuliah di tempat studi masing-masing sebagaimana biasanya sampai selesai,” tegas Eltinus Omaleng di Timika, Selasa, (10/9/2019).

Menurutnya, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika yang pulang ke Papua dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi di Papua, sehingga mereka justru bisa menggangu perkuliahan selanjutnya.

Selain itu, kata Eltinus, Pemerintah Kabupaten Mimika tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupeten Mimka yang pulang ke Papua. Termasuk  juga anggaran untuk mengembalikan mahasiswa ke tempat studi masing-masing sehubungan dengan permasalahan dimaksud.

”Pemerintah telah menjamin keamanan dan kenyamann mahasiswa yang berasa dari Kabupaten Mimika di tempat masing-masing. Jika terjadi hal-hal yang mengintimidasi mahasiswa Papua yang berasal dari Mimika dalam proses perkulihaan selanjutnya, maupun aktivitas lainnya sebagainya biasanya agar segera melaporkan kepada Mimika atau pihak berwajib setempat,” pungkas Eltinus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top