Market

Ekonomi Jawa Timur Diuntungkan Dengan Mudik

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan beberapa Provinsi Jawa, menggeliat pesat ekonominya selama periode mudik Lebaran. Beberapa provinsi tersebut antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

“Untuk beberapa provinsi (di Jawa) akan mendapatkan peningkatan aktivitas ekonomi dari sisi tempat tinggal yaitu hotel dan tempat makan,” ungkap Sri di sela-sela open house di rumah dinasnya di Kompleks Menteri Widya Chandra, Minggu (25/6).

Hal ini disebabkan, kata Ani sapaan akrab Sri Mulyani, momen hari raya Idul Fitri dimanfaatkan sebagian masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman demi berkumpul bersama keluarga. Selama periode bulan Ramadhan hingga mudik Lebaran, konsumsi masyarakat biasanya meningkat dibandingkan bulan biasa.

Sri Mulyani mengakui tradisi mudik ke kampung halaman terkonsentrasi di pulau terpadat di Indonesia tersebut.

Di samping itu, imbuh Sri, saat hari Idul Fitri pun, aktivitas ekonomi tidak berhenti, terutama bisnis yang terkait konsumsi.
“Pasti banyak pekerja yang membutuhkan bayaran ekstra,” ungkap mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Seiring meningkatnya transaksi, perputaran uang di masyarakat juga cukup besar. Meskipun demikian, Sri berharap transaksi tunai perlahan berkurang. Sebaliknya, transaksi nontunai diekspektasikan meningkat.

“Dilihat dari jumlah, mudah-mudahan kita tidak lihat banyak cash (uang tunai) ya. Jadi lebih banyak cashless (transaksi nontunai),” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top