Headline

Ekonomi Jatim Melesat Lampaui Pertumbuhan Nasional

JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang cukup mendapat sorotan Presiden Joko Widodo. Bahkan Jawa Timur merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional. Sektor utamanya adalah industri pengolahan, perdagangan dan jasa, serta pertanian dan perikanan. “Tahun 2016 perekonomian di Jawa Timur tumbuh 5,55%, lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan nasional,” kata Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Malah Presiden Jokowi terlihat optimistis ekonomi daerah bisa melaju lebih cepat. Asalkan beberapa langkah terobosan dilakukan secara terfokus. “Mempercepat pembangunan infrastruktur, mendukung pengurangan biaya logistik, bantuan teknis maupun penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas,” paparnya.

Namun Kepala Negara juga mengingatkan tidak serta merta menggenjot pertumbuhan ekonomi, tapi juga perlu memperhatikan masalah pemerataan. Tingkat kemiskinan di Jatim sekarang mencapai 11,85% atau lebih tingi dari rata-rata nasional. Begitu juga dengan rasio gini, yang sebesar 0,40. “Saya juga perlu ingatkan pertumbuhan yang semakin tinggi juga harus berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan,” tegas Jokowi.

Salah satu program yang bisa dioptimalkan pemerintah daerah adalah dengan pengembangan sumber daya manusia menjadi terampil dan berkualitas. “Saya minta program pendidikan dan pelatihan vokasi dilakukan masif dengan melibatkan kalangan industri dan saya lihat di Jawa timur sudah dilakukan. Dan tidak lupa mengajak pondok-pondok pesantren yang banyak tersebar di Jawa Timur untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan keterampilan yang berguna,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top