Market

Dukung Vaksinasi Gotong Royong, MPR: Rusia Siap Pasok 20 Juta Vaksin

Dukung Vaksinasi Gotong Royong, MPR: Rusia Siap Pasok 20 Juta Vaksin

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mendukung percepatan vaksin gotong royong untuk kalangan pelaku bisnis. Hal ini untuk menggenjot program vaksinasi nasional agar seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan vaksin. “Saya sudah bicara dengan Kadin soal program vaksinasi gotong royong, dimana bisa ikut membantu mencegah meluasnya pandemi. Rusia menawarkan kerjasama untuk memasok ketersediaan vaksin tersebut,” kata Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad usai bertemu dengan Dubes Rusia HE Lyudmila G Vorobyova, dan didampingi oleh Kadin dan PT Bio Farma di Jakarta, Kamis (21/4/2021).

Lebih jauh kata Fadel, Rusia memiliki beberapa jenis vaksin, namun yang banyak digunakan oleh beberapa negara lain adalah Sputnik. “Untuk tahap pertama sekitar 20 juta dosis vaksin yang akan dipasok ke Indonesia. Soal teknis impornya, nanti PT Bio Farma yang akan melakukannya,” tambahnya.

Disinggung soal importasi Sputnik yang bersifat B to B, Fadel tak membantahnya. Karena memang Vaksin Gotong Royong itu sifatnya non pemerintah. “Yang menarik Sputnik ini sudah digunakan di sejumlah negara-negara Islam, misalnya Mesir, Pakistan dan Palestina,” ungkapnya.

Dukung Vaksinasi Gotong Royong, MPR: Rusia Siap Pasok 20 Juta Vaksin

Sementara itu, perwakilan Kadin, Sugiharto mengakui saat ini sudah 17.386 perusahaan yang mendaftar untuk mengikuti program Vaksin Gotong Royong. Jadi total dari seluruh karyawan mencapai 8,6 juta orang. “Terdiri dari 5 juta karyawan dan 3,6 juta keluarga karyawan. Mereka akan divaksi secara gratis. Nanti perusahaan yang akan membayarkan,” paparnya.

Kadin, kata Sugiharto menyambut baik tawaran dari pemerintah Rusia yang bersedia memasok ketersediaan vaksin. Karena memang program Vaksinasi Gotong Royong menggunakan Vaksi Sputnik. “Kami mengapresiasi langkah Pak Fadel mempertemukan dengan Dubes Rusia soal terkait jaminan Vaksin Covid-19 ini,” tuturnya.

Dukung Vaksinasi Gotong Royong, MPR: Rusia Siap Pasok 20 Juta Vaksin

Sedangkan pejabat PT Bio Farma, Dimas mengatakan pihaknya belum bisa bicara soal harga Vaksin Gotong Royong. Meski memang Bio Farma ditunjuk sebagai importir untuk menangani Vaksin Sputnik. “Dalam pelaksanaan di lapangan nanti Bio Farma akan menunjuk anak perusahaan untuk melalukan importasi,” terangnya. ***

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top