Nasional

DPR Tetapkan Tujuh CHA, Dipo Tekankan Sikap Profesional dan Jaga Integritas

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anggota Komisi III DPR RI NM Dipo Nusantara berharap dengan terpilihnya tujuh Calon Hakim Agung (CHA) Tahun 2021 yang telah ditetapkan DPR membuat fungsi peradilan dan pengawasan menjadi maksimal, adil dan tepat. Masyarakat berharap para Hakim Agung berpihak pada kebenaran dan keadilan. “Rakyat berharap kinerja MA berorientasi pada sikap profesional dan transparansi. Hal itu bertujuan agar para calon Hakim Agung yang dipilih adalah yang kredibel dan berintegritas,” katanya usai paripurna DPR, Selasa (21/9/2021).

Sebelumnya dalam fit and proper test, Legislator dari Dapil NTT I ini melemparkan pertanyaan terkait aspek keadilan antara koruptor yang mencuri uang rakyat miliaran rupiah dan pencuri mobil yang sama-sama dihukum 4 tahun. “Apa pandang bapak soal putusan pidana yang dianggap masyarakat tidak adil, seperti itu,” ujarnya kepada Calon Hakim Agung, Yohanes Priyana, S.H., M.H.

Dipo juga mempertanyakan acuan atau hasil kajian apa yang digunakan oleh hakim untuk menentukan ada dan tidaknya kerugian negara. Karena kadang-kadang aparat hukum menggunakan acuan, selain BPK. “Jadi mohon dijelaskan Pak,” ucapnya.

Dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (21/9/2021), yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad telah menyetujui tujuh Calon Hakim Agung (CHA) hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan di Komisi III DPR RI.

Dalam rapat ini Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini menanyakan kepada para Anggota Dewan, “perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah hasil laporan Komisi III DPR RI terhadap uji kelayakan Calon Hakim Agung tahun 2021 tersebut dapat disetujui?” Seketika dijawab “setuju” oleh para Anggota Dewan baik yang hadir secara fisik atau virtual.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir telah melaporkan hasil kerja Komisi III, atas pelaksanaan Uji Kelayakan terhadap 11 Calon Hakim Agung. Dimana, Komisi III telah melakukan Rapat Pleno Komisi III pada 14 September 2021 untuk membicarakan tahapan uji kelayakan di antaranya membahas rancangan mekanisme dan tata tertib, rancangan jadwal, rancangan pengumuman di media cetak dan rancangan judul makalah.

Selanjutnya, pada 17 September 2021, pelaksanaan pengambilan nomor urut oleh para calon dan pembuatan makalah yang ditujukan untuk mengetahui visi, misi dan kompetensi apabila calon terpilih menjadi Hakim Agung. Kemudian dilanjutkan rapat dengar pendapat dengan Komisi Yudisial selaku penyelenggara rekrutmen Calon Hakim Agung Tahun 2021, guna mendengarkan proses seleksi yang telah dilakukan oleh Komisi Yudisial.

“Dalam pelaksanaan persiapan tahapan uji kelayakan, telah diumumkan nama 11 orang Calon Hakim Agung Tahun 2021 pada Media Cetak dan Media Sosial guna mendapatkan masukan dari masyarakat luas,” papar politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Dilanjutkan pada Senin s.d. Selasa, 20-21 September 2021, Komisi III melaksanakan uji kelayakan terhadap 11 orang Calon Hakim Agung Tahun 2021 dan dilanjutkan dengan rapat pleno untuk mendengarkan pendapat dan pandangan fraksi-fraksi guna memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan atau memberikan persetujuan sebagiannya dari 11 orang Calon Hakim Agung Tahun 2021.

Adies mengungkapkan, proses uji kelayakan terhadap Calon Hakim Agung ini, merupakan rangkaian dalam memberikan persetujuan sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 dan Putusan Mahkamah Konstitusi. Oleh karena itu, Komisi III menyadari dan memahami bahwa kecakapan, kemampuan, integritas, wawasan kebangsaan dan moral Calon Hakim Agung merupakan prasyarat penting untuk menjadi Hakim Agung pada Mahkamah Agung.

“Atas dasar kriteria itu, Komisi III DPR RI mengedepankan prinsip musyawarah untuk mufakat, dan berdasarkan pendapat dan pandangan dari sembilan fraksi di Komisi III DPR RI, menyetujui sebanyak tujuh Calon Hakim Agung Tahun 2021,” jelas Adies.

Berikut calon Hakim Agung yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III DPR dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna:

1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

2. Jupriyadi, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

4. Suharto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

5. Yohanes Priyana, S.H., M.H. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

6. Dr. H. Haswandir, S.H., M.Hum., M.M. Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata)

7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn. (Sebagai Calon Hakim Kamar Militer).

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top