Nasional

DPR: Peredaran Narkoba Sudah Seperti Kanker Stadium Empat

JAKARTA, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menegaskan jika peredaran narkoba di Indonesia sudah kronis, bahkan seperti kanker stadium empat. Hal itu dibuktikan dengan penyerbuan berton-ton narkoba ke Indonesia akhir-akhir dan telah ditangkap oleh aparat.

“Penyelundupan dan peredaran narkoba di Indonesia sudah kronis, seperti kanker stadium empat. Jangankan berton-ton, beberapa gram saja sudah bisa merusak generasi bangsa, maka harus dilawan,” tegas Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Karena itu Waketum PAN itu mendorong Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI Angkatan Laut, Bea dan Cukai, hingga Polair, untuk makin mewaspadai berbagai modus penyelundupan narkoba melalui daerah perbatasan dan pelabuhan-pelabuhan ‘tikus’ Indonesia.

“Jadi, aparat harus mewaspadai pelabuhan-pelabuhan ‘tikus’ di daerah dan pulau-pulau berbatasan dengan negara tetangga. Sehingga patroli harus semakin diperketat, karena wilayah-wilayah itu rawan terhadap penyelundupan narkoba,” ungkapnya.

Menyinggung banyak narapidana yang menjadi pengendali narkoba, padahal telah mendapat vonis hukuman mati, Taufik justru mendorong agar Kejagung RI segera mengeksekusi mati.

“Itu menjadi ironi, ketika Indonesia bertekad melawan narkoba, tapi masih ada napi yang mengendalikan peredaran narkoba,” ujarnya.

Karena itu kata dia Kejagung RI tidak boleh kompromi dengan napi pengendali narkoba. Bahkan, yang sudah divonis hukuman mati, harus diprioritaskan untuk segera dieksekusi mati. “Jadi, tak boleh tawar-menawar dengan penegakan hukum,” pungkasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Jaksa Agung H.M Prasetyo mengaku akan memprioritaskan hukuman mati untuk napi pengendali narkoba. Prasetyo memahami, banyak narapidana yang bahkan sudah divonis mati pengadilan tetap menjadi pengendali narkoba dari balik jeruji besi. Ia berjanji eksekusi mati berikutnya akan memprioritaskan para narapidana yang mengendalikan peredaran narkoba.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top