Nasional

DPR : Pencemaran Pantai Karawang Sudah Ditangani Pertamina

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Komisi VII DPR RI melakukan audiensi dengan kuasa hukum masyarakat korban pencemaran minyak Pertamina yang dipimpin oleh Robi Nugraha Marpaung, terkait dengan masalah dampak pencemaran lingkungan yang terjadi di Pantai Karawang akibat terjadinya oil field. Khususnya di wilayah Desa Sungai Buntu.

“Dalam rapat sudah disampaikan, jika masalah itu sudah ditangani pemerintah, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Kementerian ESDM, dan Komisi VII DPR RI,” tegas Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (23/9/2019).

Komisi VII DPR sendiri telah meninjau langsung ke lokasi di Karawang beberapa waktu lalu. “Bahwa Pertamina sangat respon dan sudah benjanji akan menutup sumur minyak yang menjadi penyebab musibah ini pada tanggal 8 Oktober 2019 lalu itu, dan pada Sabtu (21/9/2019) lalu sumur minyak itu sudah ditutup,” kata politisi Golkar itu.

Dan, sekarang lanjut Ridwan Hisjam sedang dalam proses penutupan tetap atau permanen. Sehingga sekarang membicarakan berbagai dampak yang ditimbulkannya.

“Komisi VII DPR minta Pertamina segera menyelesaikan kewajibannya, agar masyarakat tidak kehilangan mata pencaharian. Sebab, banyak masyarakat, baik yang berprofesi sebagai nelayan maupun non nelayan yang nasibnya bergantung pada perairan laut itu,” ungkapnya.

Karena itu, Komisi VII DPR mengundang pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk melihat kondisi terumbu karang yang ada di sekitar lokasi kejadian. Seperti terumbu karang yang merupakan tempat hidupnya ikan-ikan. Terlebih lagi karena di lokasi yang tercemar adalah daerah wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Jadi, kita meminta agar lingkungan yang terdampak tersebut dinormalisasi kembali oleh Kementerian LHK. Panja Limbah dan Lingkungan Komisi VII DPR pun akan selalu memonitor apa yang terjadi di sekitar Pantai Karawang tersebut,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top