Nasional

DPR – Pemerintah Sepakat Libatkan TNI dalam Terorisme

JAKARTA – Wakil ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan keterlibatan TNI dalam Revisi Undang-Undang (RUU) No. 15 tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme merupakan hal yang postif dan akan menciptakan sinegritas dengan Polri nantinya.

“Jadi, keterlibatan TNI dalam pemberantasan teroris merupakan sinergi baik yang menuju hal positif. Dan diharaipkan bisa memberantas terorisme secara efektif,” tegas Agus pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Menurut politisi Demokrat itu TNI memiliki keahlian dalam pemberantasan terorime, seperti pendidikan intelejen, penanggulangan dan pemberantasan terorime.

“Untuk antiterorisme. TNI memiliki keahlian itu, Polisi juga memiliki keahlian itu, maka apabila dua institusi ini bekerja dengan sinegrisitas maka akan menghasilkan sesuatu keadaan yang lebih baik,” ujarnya.

Saat ini kata Agus, Pansus RUU Terorisme masih terus berkerja membahas bersama pemerintah. Dirinya berharap jika sudah rampung dapat mengantisipasi aksi terorisme, sebab yang utama adalah tindakan pencegahan dini.

Sebelumnya Ketua DPR RI Setya Novanto menegaskan jika DPR dan pemerintah sepakat melibatkan TNI dalam pemberantasan terorisme, dan itu sudah disepakati saat pertemuan pimpinan lembaga tinggi negara (Presiden RI, MPR, DPR, DPD, MK, MA, dan BPK). Hal itu karena terorisme mengancam kedaulatan bangsa dan negara ini.

“Ini sebetulnya sudah lama dibicarakan. Kita akan laksanakan bersama. Dimana terorisme ancaman yang harus kita hadapi bersama. DPR, DPD, dan MPR sama-sama kompak melaksanakan ini. Semakin cepat semakin baik. Masuknya TNI untuk ikut menanggulangi terorisme sudah dibicarakan secara teknis. Mudah-mudahan tidak ada masalah lagi,” kata Ketua Umum Golkar itu.

DPR sendiri, kata Novanto, sudah memberi perhatian khusus atas masalah ini. Dua kekuatan, TNI dan Polri, memang dibutuhkan sebagai penumpas aksi terorisme yang selama ini menghantui masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top