Infrastruktur

DPR: Pembangunan IKN Berdampak pada Geliat Ekonomi Masyarakat

DPR: Pembangunan IKN Berdampak pada Geliat Ekonomi Masyarakat
DPR sedang meninjau pembangunan IKN /Foto" Dok DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini sedang fokus menyelesaikan tahapan pertama pembangunan IKN, terutama untuk persiapan upacara kenegaraan 17 Agustus 2024. Tahapan pertama ditargetkan pada 2022-2024 adalah pembangunan infrastruktur dasar, pemindahan aparatur sipil negara (ASN), serta personel Polri dan TNI, sehingga sejumlah instansi pemerintah dapat mulai melaksanakan tugasnya di IKN.

Menurut pemantauan Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra tahap pertama pembangunan IKN tersebut telah berdampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut dia pun menjaring aspirasi masyarakat setempat. “Aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat setempat sangat positif. Semenjak adanya pembangunan IKN pertumbuhan ekonomi masyarakat mulai terlihat, dari semula rumah kayu sekarang sudah banyak adanya renovasi-renovasi rumah penduduk dan geliat ekonomi masyarakat sangat terlihat,” papar Bagus kepada Parlementaria usai melakukan kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI di IKN, pada Rabu (23/8/2023).

Pembangunan IKN memberikan dampak positif bagi kegiatan perekonomian di kawasan. “Masyarakat yang tadinya susah lapangan pekerjaan kini sudah banyak yang mempunyai penghasilan sebagai pekerja di IKN termasuk jasa-jasa penyewaan kendaraan. Kehadiran pembangunan IKN sangat berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” ungkap Gus Adhi sapaan akrabnya.

Kunjungan kerja Komisi II DPR ke IKN dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, dan disambut oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Selasa (22/8). Komisi II menilai pembangunan IKN tahap pertama dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai rencana, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dapat menggelar upacara kenegaraan 17 Agustus 2024 di IKN.***

Penulis   :  M Arpas

Editor    :   Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top