Nasional

DPR: Pasien Covid-19 Tetap Bisa Mencoblos di Pilkada Serentak

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Komisi II DPR menegaskan warga yang terpapar Covid-19 tetap memiliki hak untuk memilih calon kepala daerah dalam Pilkada serentak 9 Desember 2020. Hak warga negara tidak boleh hilang, karena sudah dijamin dalam Konstitusi. “Mereka yang positif Covid-19, maka KPU sudah menyiapkan tempat khusus untuk melayani pencoblosan. Yakni dengan bilik suara khusus,” kata Anggota Komisi II DPR Syamsurizal, usai memimpin tim rangkaian kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR, di beberapa daerah dengan seluruh stakeholder penyelenggara dan pengawasan pemilu, Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Politisi PPP ini menambahkan bahwa aturan soal bilik suara khusus bagi penderita Covid-19 sudah diterbitkan melalui peraturan KPU Nomor 13/2020. Tentu saja dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sesuai standar dari Kemenkes. “Jadi praktek pemilihannya, pasien isolasi nanti akan didatangi petugas KPU dari masing-masing daerah dengan menggunakan perlengkapan standar Covid-19,” ujarnya.

Lebih jauh Legislator dari Dapil itu meminta agar seluruh perangkat penyelenggara pemilu untuk dapat bekerja sama dengan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Dengan pengetatan protokol kesehatan itu, sehingga diharapkan tidak menciptakan klaster baru. “Kerja sama dengan satgas Covid-19 juga harus dilakukan karena mereka yang tahu betul data mengenai pasien positif di masing-masing daerah,” tuturnya.

Menurut Mantan Bupati Bengkalis ini, pemerintah sudah menyiapkan berbagai cara dan strategiuntuk mengatasi agar tidak terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan, terutama antisipasi terjadinya klaster baru Covid, paska penyelenggaraan pemungutan suara pada pilkada nanti. Ini yang kita usahakan,” tukasnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top