Nasional

DPR Minta Pemerintah Maksimalkan Pelayanan Haji

JAKARTA, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengingatkan pemerintah agar memberikan pelayanan maksimal kepada umat Islam Indonesia yang akan menjalankan ibadah haji pada tahun 2017 ini. Namun, kualitas pelayanan harus mendapat perhatian serius menyusul tambahan kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

“Indonesia punya dana haji yang sangat besar. Dana ini harus digunakan secara tepat. Pengelolaan dana haji secara tepat diperlukan untuk menjamin peningkatan kualitas pelayanan ibadah haji,” tegas Waketum Gerindra itu dalam keterangannya pada wartawan di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Selain itu Fadli meminta pemerintah agar tidak menggunakan dana tersebut untuk kepentingan lain, seperti infrastruktur. “Dana tersebut adalah amanat umat kepada negara. Negara harus punya ikhtiar serius untuk melayani ibadah haji umat islam Indonesia,” ujarnya.

Kuota haji yang diberikan kepada Indonesia pada tahun ini sebesar 221.000 orang. Kuota tersebut bertambah dibandingkan tahun sebelumnya. Indonesia dan sejumlah negara lain terkena pemangkasan kuota imbas renovasi Masjidil Haram sejak tahun 2013.

Saat itu, kuota haji Indonesia sebanyak 211.000 orang. Kuota tersebut lantas dipangkas menjadi 168.800 orang, dan pada tahun 2017 ini dikembalikan lagi menjadi 211.000 jamaah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top