Nasional

DPR Minta Pemerintah Gandeng MUI Keluarkan Aturan Tata Cara Merawat Jenazah Pasien Corona

DPR Minta Pemerintah Gandeng MUI Keluarkan Aturan Tata Cara Merawat Jenazah Pasien Corona

JAKARRA, SUARAINVESTOR.COM –  Anggota Komisi IX DPR RI FPDIP Dewi Aryani meminta pemerintah segera mengeluarkan aturan terkait pemulasaraan atau perawatan jenazah yang meninggal akibat virus corona.

“Hal itu sangat mendesak untuk direalisasikan, karena saat ini pasien yang meninggal terus meningkat. Sejauh ini, pasien yang meninggal akibat virus corona tercatat sudah mencapai 25 orang,” demikian Dewi Aryani, Jumat (20/3/2020).

Ganasnya virus Covid-19 sangat berbahaya jika pasien yang meninggal tidak dirawat dengan baik dan sesuai prosedur. Karenanya, Pemerintah perlu segera mengeluarkan aturan tentang tata cara merawat jenazahnya,

Untuk itu, sebaiknya pemerintah segera kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemuka agama lainnya. Sebab, pasien corona yang meninggal sangat rentan menularkan virus kepada para pemulasaraan jenasah.

“Bagi yang beragama lainnya dapat disesuaikan dengan aturan yang dikeluarkan oleh Menteri Agama dan yang penting harus aman bagi masyarakat lainnya. Termasuk yang bertugas merawat jenasah apakah harus juga menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) mengingat penyebaran virusnya begitu cepat melalui berbagai cara khususnya jika bersentuhan dengan jenasah,” ujarnya.

Selain itu agar pemerintah pusat dan daerah juga tidak melupakan aspek keselamatan para perawat dan tenaga medis, khususnya yang berkaitan dengan perawatan jenasah.

“Saat semua sibuk mengantisipasi pengendalian penyebaran virus mohon pemerintah juga tidak mengabaikan soal perawatan jenasah ini,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top