Nasional

DPR Minta Pemerintah Dorong UMKM Produksi Masker

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Komisi VI DPR RI mengapresiasi sejumlah langkah pemerintah untuk mengantisipasi virus Korona di Indonesia. Namun, hal itu dibarengi dengan kelangkaan dan naiknya harga masker di pasaran. Seharusnya pemerintah mengefktifkan UMKM untuk produksi masker.

“Kebutuhan masker yang besar saat ini, seharusnya menjadikan pemerintah makin mengefektifkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk produksi masker,” tegas anggota Komisi VI DPR FPKB Siti Mukaromah, Rabu (4/3/2020).

Untuk mengantisipasi stok masker yang kosong dan mahal akibat fenomena ‘panic buying’ masyarakat tersebut dia mengusulkan pemerintah menggandeng UMKM dalam menyediakan masker.

Salah satu caranya kata Mukarromah, dengan memanfaatkan sisa kain jahit (kain perca) untuk membuat masker tersebut.
“Ini sangat membantu kebutuhan masker. Pemerintah tinggal minta produsen untuk transfer ilmu atau bahan tambahan ke UMKM agar hasil masker UMKM memenuhi standart SNI,” ujarnya.

Langkah itu kata Mukaromah, juga untuk menstabilkan stok dan harga masker di pasaran guna mencegah permainan harga oleh para spekulan.

“Itu penting. Karena saya mendengar langsung kegelisahan dan permintaan rakyat agar pemerintah memberikan gratis masker untuk melindungi diri dari bahaya virus Corona,” jelas Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa PKB itu.

Menurut Mukaromah, di saat mendesak seperti ini dan salah satu bentuk kesigapan dan tanggung jawab pemerintah, sah-sah saja pemerintah lakukan itu (beli masker UMKM lalu diberikan gratis ke rakyat) untuk mengantisipasi penyebaran virus dan melindungi Rakyat Indonesia.

Seperti di Pasar Pramuka, kenaikan harga masker bahkan bisa mencapai 10 kali lipat dari harga biasa. Hargaanya berkisar Rp300.000 per box dari harga normal yang hanya Rp25.000-30.000 sebelum penyebaran virus Corona.

Kenaikan harga masker juga terjadi di kawasan Palmerah Jakarta Barat. Dari pantauan di lapangan, pada Rabu (4/3) ini harga masker dijual Rp 250.000 per box nya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top