Nasional

DPR Minta Kemensos Validasi Data Kemiskinan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai salah satu program pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) RI terbukti ampuh mengurangi angka kemiskinan secara nasional.

Karena itu yang terpenting adalah akurasi data kemiskinan. “Soal data ini menjadi PR Kemensos,” tegas Selly Gantina saat rapat Komisi VIII DPR – Panja Verifikasi-Validasi Data Kemiskinan dengan perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Hadir anggota Panja Verifikasi-Validasi Kemiskinan, Badan Pusat Statistik, dan juga Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil.

Bantuan sosial (Bansos) sebagai komponen utama menanggulangi keterbatasan pemenuhan kebutuhan dasar ternyata ampuh menurunkan angka kemiskinan.

“Ini catatan penting bagi kami, bagaimana agar BPNT itu bisa terus berjalan dengan perbaikan untuk mendorong ketepatan sasaran maupun kualitas bantuannya,” kata politisi PDIP itu.

Soal Data Terpadu Kemiskinan kata Selly, tentunya menjadi titik tolak penting bagi DPR untuk menentukan kebijakan bagi penanggulangan kemiskinan sesuai amanat UU no 13 tahun 2011.

“Jadi, Kemensos perlu pemantapan data. Kalau perlu anggaran untuk penguatan Basis Data Terpadu ditingkatkan. Toh, dari Data Kemensos tersebut akan menjadi rujukan untuk kebijakan di kementerian yang lain,” jelas Selly.

Menurut Selly, Panja itu bertujuan untuk memastikan proses verifikasi dan validasi data kemiskinan bisa berjalan sesuai amanat UU, agar tercipta percepatan penanggulangan kemiskinan yang hasilnya adalah penurunan tingkat kemiskinan secara nasional. “Data itulah yang harus terus divalidasi,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top