Nasional

DPR Minta Kemendikbud RI Edukasi Corona di Sekolah

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk melakukan antisipasi penyebaran dan pencegahan virus corona di sekolah.

Hal itu bisa dilakukan melalui dinas pendidikan dengan memberikan edukasi terkait virus corona pada peserta didik atau belajar-mengajar, mulai dari guru hingga siswa.

“Edukasi tersebut meliputi antara lain apa itu virus corona, bagaimana gejalanya, bagaimana model penularannya, hingga bagaimana model pencegahannya,” tegas Syaiful, Selasa (3/3/2020).

Menurut Syaiful, antisipasi penyebaran virus corona dapat dilakukan di sekolah melalui pendekatan dasar seperti praktek cuci tangan yang benar, cara memakai masker, hingga cara batuk dan bersin yang benar.

“Jadi, sekolah harus menyediakan cairan disinfektan untuk cuci tangan bagi siswa dan guru setiap masuk kelas. Sehingga sekolah-sekolah harus bekerja sama dengan puskesmas dan rumah sakit terdekat serta memiliki standar operasional (SOP) dalam melihat ada peserta belajar-mengajar yang menunjukkan gejala virus corona,” kata politisi PKB itu.

Selanjutnya Syaiful mengimbau kampus-kampus untuk menghindari kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa dalam skala besar. Baik pertunjukkan musik, seminar internasional, atau gathering.

Bahkan menurut Syaiful, dalam kondisi ekstrem Kemendikbud bisa meliburkan kegiatan belajar-mengajar hingga waktu tertentu. Kebijakan seperti itu sudah dilakukan oleh Jepang. “Kalau kondisnya ekstem bisa diliburkan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top