Nasional

DPR Minta Effendi Gazali Stop Salahkan KPU

JAKARTA, Ketua Komisi II Zainudin Amali meminta pengamat politik dari UI Effendi Gazali berhenti menyalahkan pihak lain khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait meninggalnya ratusan petugas KPPS dalam pemilu serentak 17 April 2019 ini.

“Pemilu serentak sudah selesai dan berjalan aman. Saat ini, kita perbaiki apa yang kurang. Sehingga tidak usah mencari kambing hitam soal siapa yang salah dengan meninggalnya petugas KPPS itu,” tegas politisi Golkar itu, Selasa (7/5/2019).

Hal itu disampaikan menanggapi Effendi Gazali, yang menyebut seharusnya KPU bisa mendeteksi potensi bahaya pemilu serentak tersebut saat menggelar simulasi.

Namun kata Zainuddin Amali, simulasi pemungutan suara itu tidak bisa membuat suasana sama persis dengan saat pemilu serentak digelar pada 17 April 2019 lalu.

“Suasana simulasi itu tidak bisa disamakan dengan saat pemilu serentak yang sesungguhnya. Waktu itu simulasi dilakukan untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk menggelar kegiatan pemungutan suara,” jelas Amali.

Karena itu dia menolak untuk berdebat soal DPR yang juga dinilai Effendi Gazali, tidak membawa gagasan bagus sepulangnya dari studi banding di luar negeri.

“Saat ini semua pihak sebaiknya mencari solusi ke depan agar tak ada atau mengurangi potensi kelelahan yang mengakibatkan ratusan petugas KPPS meninggal dunia tersebut,” katanya.

Menurut Zainuddin, UU Pemilu, Pilkada, Parpol, dan paket undang-undang politik dibahas sejak awal, jauh sebelum penyelenggaraan Pemilu. Sehingga persiapan penyelenggaraan Pemilu bisa lebih matang.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top