Nasional

DPR Minta Anggota DPD RI Fokus Soal Daerah, Bukan Politik

JAKARTA – Menanggapi wacana caleg DPD RI dipilih oleh Pansel DPRD, Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan menyebut DPD harus tetap mementingkan pembangunan daerah, apapun mekanisme pemilihannya. Karena DPD merupakan simbol perwakilan daerah, sehingga anggota DPD yang haru mementingkan suara masyarakatnya, bukan politik.

“Kalau kemudian mekanismenya harus lewat wacana yang lain atau apapun pansel mau apa, ini kembali kepada substansi. Yaitu, DPD adalah lembaga perwakilan hasil reformasi kita, lembaga yang diharapkan mampu menjembatani daerah,” tegas Waketum PAN itu di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Dengan begitu kata Taufik, maka anggota DPD RI murni aspirasi daerah dan untuk membangun daerahnya, bukan untuk lain-lain. “Bukan untuk politik praktislah. Tapi, tujuannya untuk membangun daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Pansus Pemilu DPR Lukman Edy menyebut usulan itu datang dari pemerintah. Alasan perlunya perubahan rekrutmen anggota DPD dilandasi beberapa hal. Salah satunya pemahaman anggota DPD terhadap persoalan daerah masih terbatas dan perlunya peningkatan kulitas anggota DPD.

Karena itu nanti akan ada 40 orang per 4 orang bakal calon yang diseleksi, kemudian hasil seleksi 40 orang dikirimkan ke DPRD provinsi untuk fit and proper test untuk dipilih 20 orang terbaik. Hasil fit and proper test DPRD baru dijadikan daftar calon tetap DPD untuk dipilih rakyat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top