Industri & Perdagangan

DPR Meyakini Presiden Dalia Mampu Majukan Ekonomi dan Perdagangan Indonesia

JAKARTA- Ketua DPR RI Setya Novanto meyakini kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie ke Indonesia makin memperkuat kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara. Kunjungan Presiden Dalia ke Indonesia merupakan kunjungan pertama Presiden Lithuania ke Indonesia sejak hubungan diplomatik terjalin pada tahun 1993.

“Kami melihat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania berjalan dengan baik. Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan,” katanya usai menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania Dalia Grybauskatie di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (17/5) kemarin.

Selain ke gedung parlemen, Presiden Dalia juga melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Merdeka menemui Presiden Joko Widodo.

Meski diakui nilai perdagangan kedua negara tergolong kecil, namun dalam perkembangannya selalu naik hingga pada tahun 2016 tercatat mencapai 38,6 juta US dollar. “Kami berharap nilai perdagangan kedua negara di tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan,” kata Novanto.

Dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, diharapkan Indonesia dan Lithuania dapat saling melengkapi untuk memajukan kerja sama bilateral, di antaranya kerja sama di bidang energi terbarukan. “Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Dalam kerangka itu, pembicaraan juga membahas soal kerjasama antarparlemen masing-masing negara untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. “Untuk lebih saling mengenal di antara masyarakat kedua negara, program people to people contact perlu dikembangkan, terutama melalui kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata,” kata Novanto.(eca)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top