Pertanian

DPR Ingatkan Aparat Harus Berani Tangkap Pembakar Hutan

Effendi Sianipar-Dokumentasi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mengingatkan aparat penegak hukum terkait kebakaran hutan yang mulai terulang kembali. Belum lama ini, kebakaran hutan melanda perbukitan Kelurahan Aek Parombunan, Kota Sibolga. Kebakaran lahan itu meluas dan mulai mendekati permukiman warga di Kelurahan Aek Parombunan.

“Aparat penegak hukum harus berani bertindak tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan. Karena itu aparat tidak boleh ragu-ragu,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Effendi Sianipar kepada wartawan di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Melihat kasus kebakaran yang dekat dengan Kota Sibolga, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah mengantisipasi hal tersebut. Meski masih berada dalam iklim puncak musim hujan, Sumatera Selatan akan menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan pada awal Maret 2021. “Oknum pembakar hutan harus dihukum sesuai Undang-undang agar mendapatkan efek jera,” ujarnya lagi.

Lebih jauh kata Anggota Fraksi PDIP, kasus kebakaran hutan (Karhutla) harus dicegah sedini mungkin. Sehingga pemda dan aparat harus bekerja sama saling bahu membahu melakukan tindakan penanggulangan bencana tersebut.

Dirinya kembali mengingatkan ancaman dari Presiden Joko Widodo sejak 2016 lalu, tentang pencopotan jabatan bagi Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim, hingga Kapolres jika di daerahnya terjadi kebakaran hutan lantas membesar dan tidak tertangani dengan baik.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), per hari ini Senin (1/3/2021) ditemukan titik api akibat Karhutla yang menyebabkan kabut asap di daerah Kalimantan, Provinsi Aceh, Kabupaten Sibolga, Sumut dan Provinsi Riau.

Legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Riau I itu menyebut musim kemarau memang menjadi pemicu Karhutla, bahkan kasus ini terus berulang. Karena itu, upaya pencegahan sudah harus dimiliki setiap daerah. “Pemerintah pusat dan daerah, sudah memiliki rencana pencegahan yang matang dan detail terkait hal tersebut,” paparnya.

Dikatakan Effendi, jadi jangan ada lagi alasan untuk tidak berhasil melakukan penanggulangan kebakaran hutan. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top