Nasional

DPR Desak Pemerintah Gandeng Pabrikan Percepat Penyediaan APD Corona

JAKARTA,  SUARAINVESTOR.COM –  – Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani mendesak pemerintah berkoordinasi dengan pengusaha untuk gerak cepat memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyakat.
Hal itu disampaikan politisi PDIP itu terkait perkembangan penyebaran virus COVID-19 yang makin meluas dan makin banyak pasien yang masuk ruang isolasi mengakibatkan habisnya stok APD di banyak rumah sakit.
“Pemerintah tolong gandeng pabrikan untuk segera percepatan produksi APD yang bahan bakunya dari dalam negeri,” kata Dewi,  Rabu (19/3/2020).
Menurut Dewi akan berbahaya khususnya bagi perawat rumah sakit yang tengah merawat pasien COVID-19 menggunakan APD yang tidak mempunyai standar keamanan dan kesehatan.
”Ini berbahaya ke depan, jika RS sampai harus memodifikasi jas hujan menjadi APD. Sehingga keselamatan tenaga medis kita terancam karena penyebaran virus tersebut,” ujarnya.
Karena itu kata Dewi, pemerintah harus segera berkoordinasi dengan lintas kementerian/lembaga untuk mencari solusi atas kelangkaan APD tersebut.
“Harus putar otak bagaimana caranya pabrikan APD bisa memproduksi dengan bahan baku yang ada di Indonesia sehingga tidak tergantung dengan raw material atau impor dari negara lain,” tambahnya.
Selain itu, dia meminta seluruh jajaran Dinas Kesehatan baik di provinsi, kabupaten/kota melakukan koordinasi intensif dan memitigasi atas kondisi tersebut.
“Langkah-langkah antisipasi harus sudah dipikirkan sebelum APD secara masif dapat diproduksi dan di distribusikan ke semua rumah sakit,” pubgkasnya.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top