Nasional

DPR Berharap Peserta Parlemen Remaja Ini akan Memimpin Indonesia Emas 2045

DPR Berharap Peserta Parlemen Remaja Ini akan Memimpin Indonesia Emas 2045
DPR Berharap Pererta Parlemen Remaja Ini akan Memimpin Indonesia Emas 2045/foto anjasmara

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hj. Hetifah Sjaifudian mengatakan jika kegiatan Parja (Parlemen Remaja) yang digelar sejak tahun 2009 ini, akan memberikan pemahaman tentang trias politika dan demokrasi khususnya terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang dilakukan oleh DPR RI.

Demikian disampaikan Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Umum DPP Golkar itu dalam acara Parlemen Remaja 2022 dengan tema : “Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku” di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Kamis (13/10/2022). Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan hari demokrasi yang jatuh setiap tanggal 15 September.

“Indonesia negara demokrasi yang menganut asas trias politika yang membagi kekuasaan terhadap (eksekutif, legislatif dan yudikatif). Maka, kalaupun tidak semuanya, minimal sebagian adik-adik yang ada di sini menjadi calon pemimpin bangsa menyongsong Indonesia emas 100 tahun di tahun 2045. Kalian nanti yang akan memutuskan berbagai kebijakan penting bangsa ini di sini,” ungkap Hetifah.

Tentu saja sebagai lembaga legislatif kata Hetifah, DPR memiliki beberapa fungsi dan wewenang, yang akan sangat mempengaruhi terhadap kehidupan dan masa depan bangsa. Diantaranya menyusun undang-undang (UU), membahas dan merumuskan anggaran (APBN), dan melakukan pengawasan pengawasan.

Karena itu Hetifah berharap kegiatan Parja ini bukan hanya pemahaman politik yang akan meningkat, tapi juga menjadi motivasi bagi adik-adik untuk memahami bagaimana proses demokrasi di Indonesia berlangsung.

“Kalau banyak orang baik yang masuk ke eksekutif, legislatif maupun yudikatif, insyaAllah proses demokrasi di Indonesia akan semakin baik dan maju lagi. Sejalan dengan misi lembaga internasional, yang beranggotakan parlemen nasional termasuk DPR RI, bahwa pemuda adalah salah satu komponen yang harus aktif berpartisipasi di dalam pengambilan kebijakan,” jelas Hetifah.

Dengan demikian agenda parlemen remaja yang diinisiasi oleh biro protokol dan humas Sekjen DPR RI ini kata Hetifah, patut untuk terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. “Kalau perlu jumlahnya ditambah lagi, meski sebanyak 132 ini sesuatu yang hebat yang kita lakukan di negara ini,” pungkasnya.

Parlemen remaja ini berlangsung sejak 2009 dan telah menghasilkan 15 angkatan alumni yang tersebar di 81 daerah pemilihan, yang berjumlah sekitar 2000 orang.

Politik Tanah Air

Deputi Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono mengatakan, Parlemen Remaja diselenggarakan untuk memperingati hari demokrasi internasional yang diperingati setiap tanggal 15 September. Selain itu, perhelatan yang dimulai sejak 2008 ini ditujukan untuk memberikan pemahaman perkembangan politik tanah air kepada generasi muda.

“Kita harapkan kegiatan Parlemen Remaja ini akan melahirkan generasi yang matang dalam bidang keparlemenan,” tegas Dono.

Dono pernah menanyakan langsung kepada para peserta Parja terkait minat mereka untuk menjadi politisi. Dari pertanyaan tersebut, Dono mendapati banyak diantara peserta Parja ternyata ingiin menjadi politisi. “Ini menunjukkan bahwasanya generasi muda kita peduli akan politik. Kita harapkan 10-15 tahun kedepan ada dari anggora Parja yang duduk di senayan,” ujarnya.

Ia bersyukur bahwasannya Parja 2022 kali ini bisa diselenggarakan secara luring (offline). Mengingat, selama pandemi Covid-19 melanda, Parja diselenggarakan secara daring (online). “Alhamdulillah pada tahun ini dengan semakin menurunnya angka penyebaran Covid-19, dan berkurangnya kebijakan PPKM oleh Pemerintah, kegiatan Parlemen Remaja 2022 ini dapat dilaksanakan secara luring,” ungkapnya.

Menurut Dono, Parja 2022 telah dilaksanakan selama tiga hari di Wisma Grya Sabha Kopo DPR RI. Adapun Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan diantaranya pembukaan orientasi, pergelaran seni budaya, pembekalan materi mengenai tugas dan fungsi Dewan serta materi-materi terkait pengelolaan data pribadi.

“Pada tanggal 12 Oktober, Anggota Parja melakukan simulasi kunjungan kerja ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Tokopedia, dan Google untuk menyerap aspirasi terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan pengelolaan data pribadi,” jelas Dono.

Dan, pada Kamis (13/10) ini para Anggota Parja akan mensimulasikan rapat kerja dan sidang paripurna DPR RI. “Setelah melewati serangkaian kegiatan tersebut, para peserta akan menutup rangkaian acara Parlemen Remaja 2022 dengan melaksanakan City Tour pada hari Jumat (14/10/2022),” pungkasnya.

Penulis: M Arpas

Editor: Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top