Nasional

DPR Apresiasi Pemerintah, Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – DPR RI mengapresiasi pemerintah yang telah brhasil menjadikan Indonesia untuk kelima kalinya meraih suara terbanyak untuk menjadi Anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) periode 2020-2022, mewakili kawasan Asia Pasifik.  Sebelumnya, Indonesia juga terpilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

“Saya ucapkan selamat pada Kementerian Luar Negeri yang telah bekerja luar biasa. Ini hasil lobby juga bukan lobby satu-dua hari, tetapi lobby bertahun-tahun,” tegas anggota DPR RI Dave Akbarshah Fikarno seusai menyerahkan bantuan kepada aparat TNI dan Polri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Dimana Indonesia meraih total 174 suara dari 193 negara yang hadir pada Pemilihan Dewan HAM PBB yang berlangsung di New York, AS.  Dengan hasil itu, Dave mengapresiasi para diplomat yang telah berhasil mendapat raihan suara terbanyak itu.

“Ini menunjukkan diplomat kita adalah diplomat yang tangguh yang bisa meyakinkan, karena kita ini jumlah suaranya terbanyak dari negara-negara lain,” kata politisi Golkar ini.

Indoensia mengalahkan Jepang (165 suara), Korea Selatan (165 suara), Marshall Islands (123 suara), dan Irak (121 suara), menjadi kali kelima bagi Indonesia terpilih menjadi Dewan HAM PBB. Terpilihnya Indonesia, lanjut Dave, menepis anggapan mengenai kondisi HAM yang ada di Indonesia.  “Dengan tuduhan-tuduhan bahwa Indonesia itu pelanggar HAM itu juga terbantahkan dengan masuknya kita sebagai Dewan HAM,” tambah Dave.

Ke depan kata Dave, masih banyak permasalahan HAM yang harus menjadi perhatian khusus Dewan HAM PBB. Permasalahan kemanusiaan seperti pengungsi Rohingnya, juga konflik yang terjadi di Syria dan Palestina. “Banyak, banyak (concern). Seperti situasi yang ada di Bangladesh, Myanmar, dan Syria, Palestina. Hal itulah yang harusnya jadi perhatian untuk kita perjuangkan di forum internasional,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top