Nasional

DPR Apresiasi Indonesia Sukses Galang DK PBB Tolak Permukiman Israel

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi Kementerian Luar Negeri Indonesia yang berhasil mendesak Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB) untuk menegaskan status ilegal pemukiman Israel di Palestina.

Desakan yang dilakukan Indonesia berupa negosiasi panjang, yang dilakukan saat Pertemuan DK PBB Palestina di New York, pada Rabu (20/11/2019).

“Saya sebagai Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI mengapresiasi keberhasilan loby team Kemenlu RI di DK PBB, segala tindakan kejahatan Israel disana tidak dibenarkan sama sekali,” demikian Abdul Kharis dalam keterangannya, Jumat (22/11/2019).

Menurut politisi PKS itu, pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan Palestina dan mengakui sepihak Amerika jelas tidak masuk, dan Alhamdulillah 10 Anggota tidak tetap DK PBB masih punya hati nurani dan mendukung sikap Indonesia.

Hal tersebut merupakan kali pertama setelah sekian lama Presiden DK PBB gagal diberikan mandat untuk berbicara atas nama DK terkait isu Palestina. Atas dorongan Indonesia, sepuluh anggota tidak tetap DK PBB mengeluarkan pernyataan bersama untuk menghentikan pembangunan tersebut.

Setelah berhasil mendorong dikeluarkannya status ilegal dan pernyataan bersama, Indonesia juga mendesak Israel untuk menghentikan kekerasan yang telah memakan banyak korban jiwa.

Sebagai anggota DPR, ia meminta agar pemerintah melakukan penggalangan dana bantuan untuk meringankan beban korban serangan Israel, dan menghimbau masyarakat Indonesia untk memberi bantuan material dan spiritual kepada korban serangan Israel ini melalui lembaga resmi.

“Selain amanah konstitusi memperjuangkan kemerdekaan Palestina perlu langkah bersama menggalang solidaritas sebagai umat Islam kita harus membantu meringankan dan dengan segala daya upaya kita untuk menolong rakyat Palestina baik material maupun moril, Pemerintah Indonesia bahu-membahu bersama Rakyat untuk menyalurkan bantuan untuk Rakyat Palestina,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top