Market

DPD RI: Pendidikan Fundamen Untuk Kemajuan Pembangunan Indonesia Timur

Abraham Liyanto: Pendidikan, Fundamen Pembangunan Daerah/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Anggota Komite I DPD RI Abraham Liyanto menilai bahwa pendidikan adalah fundamen dalam pembangunan daerah. Jika sektor pendidikan tidak diperhatikan secara serius, dapat dipastikan daerah tersebut akan terus tertinggal. “Jadi, pendidikan berperan penting dalam kemajuan suatu daerah,” kata Abraham kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Menurut dia, pentingnya pendidikan karena berperan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga semakin bagus kualitas SDM suatu daerah, maka pembangunan akan berjalan cepat. Sebaliknya, jika kualitas SDM rendah, akan menghambat pembangunan, contohnya era digitalisasi seperti sekarang.

Menurutnya, SDM yang dibutuhkan pada era sekarang adalah yang melek teknologi dan digitalisasi. “Jika penduduknya masih gagap teknologi (gaptek), bagaimana mau mengimbangi tuntutan pembangunan? Apalagi jika mayoritas pendidikannya masih tingkat SD dan SMP, pasti sangat menyulitkan,” tegas Abraham.

Anggota DPD dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengaku masalah peningkatan kualitas pendidikan ini yang mendorong dirinya mendirikan lembaga pendidikan Citra Bangsa di NTT. Lembaga yang berada di bawah Yayasan Citra Bina Insan Mandiri ini bergerak mulai pendidikan Paud hingga Perguruan Tinggi. “Lembaga Citra Bangsa hadir memberikan kontribusi pembangunan konkret bagi peningkatan kualitas masyarakat NTT,” ujar Abraham.

Ketua Kadin Provinsi NTT ini mengatakan hadirnya lembaga pendidikan Citra Bangsa untuk mengangkat citra dan martabat orang NTT di mata publik, baik ditingkat nasional maupun internasional. Pemberian nama “citra” untuk mengubah stigma NTT yang ada selama ini dicap Nanti Tuhan Tolong, Nasib Tidak Tentu.

Dia melihat NTT kaya akan sumber daya alam (SDA), namun masih miskin teknologi, infrastruktur dan SDM yang berkualitas. Karena itu, perlu terus ditingkatkan lewat pembangunan sektor pendidikan. “Saya berpandangan untuk membangun NTT, hal utama yang harus dibangun adalah dunia pendidikan. Apabila pendidikan NTT maju, tentunya sektor lain pun ikut maju seperti kesehatan, ekonomi dan aspek lainnya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, lembaga pendidikan Citra Bangsa telah dirintis Abraham sejak tahun 2007 ini membawa misi perubahan dalam memajukan NTT mencapai kemajuan total yakni SDM handal, ekonomi kuat, NTT sehat menuju kebangkitan kesejahteraan rakyat. Lembaga ini menyediakan sistem pendidikan terpadu mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, SMP, SLTA dan Perguruan Tinggi. ***

Penulis: Arpaso

Editor : Budiono

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top