Nasional

DPD RI Minta Pemerintah Tegas Terhadap Larangan Mudik

DPD RI Minta Pemerintah Tegas Terhadap Larangan Mudik

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai meminta pemerintah tegas terhadap larangan mudik 2020 ini. Kuncinya disiplin dan tegas dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik.

“Belajar dari negara lain kuncinya harus disiplin, tegas, bukan hanya menghimbau,” tegas Yorrys saat berbagi takjil dan makanan berbuka puasa di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/4).

Senator asal Papua itu mengajak warga yang tinggal di DKI Jakarta untuk taat aturan guna mencegah meluasnya penularan Virus Corona. “Saya melihat, jumlah warga Jakarta yang melakukan aktivitas di luar rumah semakin hari semakin tinggi. Itu artinya pemberlakuan PSBB di Jakarta tidak efektif,” ujarnya.

Menurutnya, pada awalnya masyarakat terlihat taat dan berdiam diri di rumah. Namun, saat ini aktivitas masyarakat terus meningkat.

“Ini memang dilema, saya juga merasakan bosan dan stres ketika harus di rumah terus. Tapi, ini harus dilakukan, kenapa? Karena wabah ini bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Mau tidak mau harus di rumah,” tambah Yorrys.

Langkah pemerintah melarang mudik ini juga bagian dari memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona. “Jadi, sebaikanya, tunggu wabah ini selesai baru pulang kampung,” jelas Yorrys.

Terkait dengan pembagian takjil dan menu buka puasa, menurut Yorrys hal ini bagian komitmen dari Komite II DPD RI yang sudah disepakati bersama untuk meringankan beban masyarakat khususnya bagi masyarakat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Ini murni bentuk kepedulian kita, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota Komite II DPD RI, Pimpinan Komite dan Ketua DPD RI, yang mensuport kegiatan ini. Bantuan ini sudah dua kali kita bagikan, yang pertama minggu lalu kita membagikan sembako, dan nantinya secara terus menerus kita akan bagikan takjil dan menu buka puasa di beberapa titik di Jakarta,” kata Yorrys.

Wakil Ketua Komite II Hasan Basri menjelaskan, bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat disaat inadah puasa dalam masa-masa sulit Pandemi Corona.

“Kita berharap, wabah ini cepat selesai, dan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, mudah-mudahan bantuan yang kami berikan bisa membantu agar ibadah puasanya juga bisa khusuk tanpa dihantui ketakutan tidak bisa makan,” tambahnya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top